Saturday, July 24, 2021
Depan > Kemasyarakatan > DPMD Gelar Rakor Tim Inovasi Kegiatan Program Inovasi Desa

DPMD Gelar Rakor Tim Inovasi Kegiatan Program Inovasi Desa

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Jum’at (17/5/2019) menggelar rapat koordinasi (rakor) Tim Inovasi Kabupaten Probolinggo dalam kegiatan Program Inovasi Desa. Rakor ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat DPMD Kabupaten Probolinggo Setiadi Agus Prakoso.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang dari beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Diantaranya DPMD, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Karang Taruna serta Tim Pendamping Ahli Program Inovasi Desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat DPMD Kabupaten Probolinggo Setiadi Agus Prakoso mengungkapkan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyiapkan program inovasi desa yang fokusnya kepada peningkatan SDM dalam menekan kasus stunting.

“Melalui kegiatan ini kami ingin meleburkan ego instansi ke dalam suatu sinersigitas dalam mengefektifkan penggunaan Dana Desa (DD), terutama dalam hal menyusun program untuk bisa meminimalisir kasus stunting,” ungkapnya.

Menurut Agus, program inovasi desa seharusnya merupakan kebutuhan dari desa atau pemerintah desa untuk mengefektifkan penggunaan Dana Desa untuk kesejahteraan dan kemandirian desa.

“Para kepala desa seharusnya mulai menyadari bahwa Dana Desa tidak hanya semata-mata bisa fokus kepada pembangunan infrastruktur fisik saja, tetapi mulai mengalokasikan sebagian Dana Desa untuk membangkitkan SDM masyarakat desa dalam program inovasi desa. Dengan kata lain, disisihkan anggaran untuk mengangkat potensi desa,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir narasumber dari Tenaga Pendamping Ahli Program Inovasi Desa yang menyampaikan materi tentang teknis dan rincian program inovasi desa serta teknis pendampingan terhadap kepala desa dalam penyusunan rencana aksi program inovasi desa.

“Melalui kegiatan ini diharapkan tercipta koordinasi antar OPD melalui program OPD demi mendukung suksesnya penganggaran Dana Desa terhadap peningkatan SDM yang berdampak pada penurunan stunting dan pembekalan pada program pra nikah muda,” harapnya. (wan)

cww trust seal