Thursday, February 22, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DKUPP Berikan Pelatihan Series 2 Level Up Bisnismu

DKUPP Berikan Pelatihan Series 2 Level Up Bisnismu

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan UMKM, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan series 2 level up bisnismu (pelatihan kemasan naik kelas, penguatan legalitas usaha serta publik speaking dan negosiasi bisnis untuk UMKM siap naik kelas) di Café Alino Kraksaan, Selasa (31/10/2023) hingga Kamis (2/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang wirausaha unggulan wilayah Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka dipandu narasumber Nasrullah Hasin (Dewan Pengurus Nasional ABDSI, CEO Rumah Besar Kemasan, Founder Lembaga Pengembangan Kemasan UKM Indonesia), Yunida Paramita (Garda Transfumi Jatim) dan Visky Arief Herinadarma (Founder Malang Creative Fusion).

Kepala Bidang Usaha Mikro DKUPP Kabupaten Probolinggo Winda Permata Erianti menyampaikan kegiatan ini bertujuan mendorong transformasi usaha informal ke formal bagi usaha mikro dan usaha kecil serta mengakselerasi digitalisasi usaha mikro dan usaha kecil menengah.

“Selain itu, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan akses dan kemandirian berwirausaha bagi UMKM serta meningkatkan daya saing bagi wirausaha untuk menuju wirausaha mapan,” ungkapnya.

Sementara Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami mengatakan tuntutan perubahan sering ditujukan kepada aparatur pemerintah menyangkut pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.

“Satu hal hingga saat ini seringkali masih menjadi masalah dalam hubungan antara rakyat dan pemerintah di daerah adalah dalam bidang publik service (pelayanan umum), terutama dalam hal kualitas atau mutu pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat,” katanya.

Menurut Taufik, pemerintah sebagai service provider (penyedia jasa) bagi masyarakat dituntut untuk memberikan pelayanan yang semakin berkualitas. Apalagi dalam menghadapi kompetisi di era globalisasi, kualitas pelayanan aparatur pemerintah akan semakin ditantang untuk semakin optimal dan mampu menjawab tuntutan yang semakin tinggi dari masyarakat, baik dari segi kualitas maupun dari segi pelayanan.

“Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut hubungan antara Lembaga pemberi jasa pelayanan dengan masyarakat yang membutuhkan. Perizinan merupakan elemen penting untuk memulai bentuk kegiatan apapun dalam dunia usaha sekarang,” pungkasnya. (wan)