Friday, May 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Polres Probolinggo Peringati HUT ke-77 Bhayangkara

Polres Probolinggo Peringati HUT ke-77 Bhayangkara

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Polres Probolinggo memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara tahun 2023 dalam sebuah upacara bersama di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Tema peringatan HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023 adalah “Polri Presisi untuk Negeri, Pemilu Damai Menuju Indonesia Emas”. Tema ini sejalan dengan agenda besar demokrasi pileg, pilpres dan pilkada serentak yang harus diantisipasi dengan baik. Polri dengan presisinya harus memberikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi dan komandan upacara adalah Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Satpol Airud) Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno.

Upacara peringatan HUT ke-77 Bhayangkara yang diikuti oleh sekitar 300 personil Polres Probolinggo ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto serta pejabat utama dan Kapolsek di Polres Probolinggo.

Peringatan HUT ke-77 Bhayangkara ini ditandai dengan pengecekan pasukan oleh Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Wabup Timbul dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada Kasat Samapta Polres Probolinggo Iptu Siswandi sebagai peringkat 2 Kasat Samapta Jajaran Polda Jatim pada Aplikasi SIAP Semeru Periode Maret 2023, Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Achmad Doni M yang telah berhasil ungkap tindak pidana pembakaran mobil TKP Desa Kedungrejoso Kecamatan Kotaanyar pada tanggal 18 Oktober 2022 serta siswi SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan Cindy Sakha Aulia sebagai juara 2 Kategori Gerakan Lantas Terbaik Dalam Lomba Polisi Cilik Tingkat Jawa Timur Tahun 2023.

Rangkaian peringatan HUT ke-77 Bhayangkara ini diakhiri dengan penampilan Polisi Cilik dari SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan yang menjadi binaan dari Satlantas Polres Probolinggo. Dimana mereka dilatih tata tertib dan baris berbarik serta kedisiplinan sejak dini sehingga dapat menerapkan nilai-nilai kedisiplinan dan taat aturan di sekolahnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi meminta kepada seluruh jajaran polri untuk bekerja dengan baik, tulus, ikhlas dan dengan presisi. Tugas berat masih sangat banyak. Ke depan akan menghadapi agenda besar pemilu tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pileg, pilpres dan pilkada seretak dan ini harus diantisipasi dengan sangat baik.

“Saya meminta seluruh anggota polri untuk menjaga netralitas dan berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik. Kita harus mewaspadai terhadap krisis global baik krisis energi, krisis pangan maupun krisis keuangan. Kita harus mengajak masyarakat bersama-sama untuk membina keamanan dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Kapolres menegaskan menghadapi tugas polri semakin berat, individu polri harus terus berinovasi dan semakin adaptif, responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan stakeholder lainnya dengan TNI dan instansi terkait dalam menjalankan tugasnya.

“Saya perlu ingatkan dalam bekerja kita harus mengedepankan rasa keadilan dan kemanfaatan hukum yang dirasakan oleh masyarakat sehingga kita harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga kamtibmas. Lakukan tindakan yang humanis namun tegas dan terukur. Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir dan tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia,” tegasnya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko menyampaikan selamat HUT ke-77 Bhayangkara tahun 2023. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras polri dalam melayani rakyat dan dalam membela bangsa dan Negara,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, dengan koordinasi yang baik seluruh pemangku kepentingan dan didukung peran serta masyarakat yang secara sadar untuk mewujudkan suasana kambtibmas yang kondusif.

“Sinergitas Polri dan semua unsur di daerah dengan segenap elemen masyarakat dalam mewujudkan suasana aman, tertib dan damai sangat dibutuhkan agar pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik demi sebesar-besarnya kepentingan rakyat,” pungkasnya. (wan)