Tuesday, October 19, 2021
Depan > Informasi Layak Anak > Dispersip Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Dispersip Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se-Kabupaten Probolinggo, Senin (14/6/2021) di ruang Pustaka Loka Dispersip Kabupaten Probolinggo.

Lomba bercerita tingkat SD/MI ini diikuti oleh 20 orang peserta hasil seleksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Mereka dinilai oleh dewan juri dari Dispersip Kabupaten Probolinggo berdasarkan kriteria penampilan,penguasaan materi, teknik bercerita dan skill bercerita.

“Bercerita atau mendongeng itu merupakan proses dari membaca, memahami isi cerita dan kemampuan untuk menceritakan kembali dengan cara yang menarik, inovatif dan kreatif,” kata Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo Abdul Halim melalui Kepala Bidang Perpustakaan Suryana Nuring Perbawani.

Nuring menerangkan lomba bercerita ini bertujuan untuk meningkatkan kegemaran membaca sejak dini dimulai dari tingkat SD/MI serta meningkatkan kemampuan literasi anak didik.

“Literasi ini merupakan kemampuan siswa atau anak didik untuk membaca, menulis, berhitung dan menggunakan kemampuan tersebut untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Secara umum dari hasil lomba bercerita tersebut dapat disimpulkan jelas Nuring, kegemaran membaca ini masih perlu untuk lebih ditingkatkan kembali. Pasalnya penguasaan literasi yang dimililiki siswa ini banyak berorientasi pada khafalan dan bukan kepada pemahaman.

“Proses belajar yang ada di setiap sekolah itu, siswa jangan selalu dicekoki dengan materi saja, tetapi pancinglah siswa itu dengan pelajaran yang menarik dan mudah diterima dan dipahami, salah satunya melalui dengan bercerita. Karena dengan bercerita siswa akan berusaha memahami isi sebuah bacaan dan menceritakan kembali dengan menggunakan bahasanya sendiri,” terangnya.

Melalui lomba bercerita ini Nuring mengharapkan siswa bisa lebih tanggap terhadap kebudayaan yang ada di daerahnya dan mau menceritakan menggunakan bahasanya sendiri ke luar daerah dengan cara yang unik dan menarik. “Semoga lomba bercerita ini mampu meningkatkan kemampuan literasi sejak dini di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Setelah diadakan penilaian oleh dewan juri berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan, juara 1 diraih oleh Fajriyatuz Zahra dari SD Muhammadiyah Kreatif Kraksaan, juara 2 diraih oleh Carissa Cinar Cinta Maulana dari SD Muhammadiyah Kreatif Kraksaan dan juara 3 diraih oleh Ranaa Queen Najwa Mursyida dari SDN Sukokerto 1 Kecamatan Pajarakan.

“Khusus bagi juara 1 nantinya akan mewakili Kabupaten Probolinggo dalam lomba bercerita tingkat SD/MI se-Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Kami harapkan nanti bisa mempresentasikan potensi lokal dengan awal bertutur dan bercerita,” pungkasnya. (wan)