Sunday, January 23, 2022
Depan > Pendidikan > Dispendik Tetapkan Peringkat Tiga Besar KSN SMP Secara Daring

Dispendik Tetapkan Peringkat Tiga Besar KSN SMP Secara Daring

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo secara resmi menetapkan peringkat 1, 2 dan 3 Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP tingkat Kabupaten Probolinggo secara daring/online tahun 2021.

Penetapan peringkat 1, 2 dan 3 KSN SMP secara daring/online ini tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Nomor 420/466/426.101/2021 tanggal 22 September 2021.

“Kepada pemenang KSN ini diharapkan untuk membaca dan memahami panduan teknis pelaksanaan KSN jenjang SMP secara daring/online dengan mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk mengikuti kegiatan seleksi babak penyisihan tahap II KSN jenjang SMP secara daring,” kata Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi.

Dari penetapan tersebut, untuk mata pelajaran Matematika peringkat 1 Eureka Alfa Kamil dari SMP Nurul Jadid, peringkat 2 Disa Agusti Ningtias dari SMPN 1 Sumberasih dan peringkat 3 Azam Fiil Aisyi Aulia Siswanjaya dari SMP Zainul Hasan 1.

Mata pelajaran IPA, peringkat 1 Ummu Melbina Az-Zahra dari SMP Insan Terpadu Permata, peringkat 2 Salwa Fathina Rizqiyah Tabriz dari SMP Bhakti Pertiwi dan peringkat 3 Kurnia Shela Susanti Putri dari SMPN 3 Maron. Serta mata pelajaran IPS, peringkat 1 Jaudah Dahlia Saldi dari SMP Bhakti Pertiwi, peringkat 2 Alvia Ngerazain Ramadyta dari SMPN 1 Maron dan peringkat 3 Jihaan Alya Zahroo Nasiha dari SMP Bhakti Pertiwi.

“Masing-masing pemenang KSN jenjang SMP secara daring atau online ini mendapatkan piagam penghargaan, tropy dan uang pembinaan sebesar Rp 3,5 juta untuk peringkat 1, Rp 3,250 juta untuk peringkat 2 dan Rp 3 juta untuk peringkat 3 bagi masing-masing mata pelajaran,” jelasnya.

Sementara Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Nurul Yaqin mengungkapkan secara umum KSN SMP tahun 2021 ini bertujuan sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS bagi peserta didik SMP atau sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang Sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas,” katanya. (wan)