Thursday, February 29, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Tebar 25 Ribu Benih Ikan Wader

Diskan Tebar 25 Ribu Benih Ikan Wader

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-277 tahun 2023, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo melakukan kegiatan penebaran benih ikan lokal berupa ikan wader sebanyak 25.000 ekor di beberapa lokasi perairan umum, Selasa (11/4/2023).

Penebaran benih ikan wader ini dilakukan pada Embung Klampok di Desa Klampok Kecamatan Tongas, Embung Pileng Kerep Kecamatan Wonomerto, Ranu Betok Desa Ranu Agung Kecamatan Tiris dan Ranu Segaran Duwas Desa Tlogoargo Kecamatan Tiris.

“Dalam penebaran benih ikan wader ini, tim dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo didampingi oleh kepala desa, perangkat desa dan masyarakat setempat,” kata Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Aziz.

Menurut Wahid, penebaran benih ikan wader di perairan umum ini bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan lokal yang ada di wilayah tersebut. “Lokasi ini kita pilih untuk meningkatkan populasi ikan dan karena banyak pemancing atau penangkapan ikan di daerah tersebut,” jelasnya.

Wahid menegaskan ke depan ikan-ikan ini bisa dimanfaatkan warga untuk menangkap dengan alat yang ramah lingkungan serta menjaga jangan sampai ada yang menangkap ikan dengan alat yang dilarang.

“Melalui penebaran benih ikan wader ini diharapkan populasi ikan lokal meningkat sehingga dapat meningkatkan penangkapan para nelayan atau pemancing ikan di perairan tersebut,” pungkasnya. (wan)