Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Bimtek Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Usaha Bersama

Diskan Berikan Bimtek Penguatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Usaha Bersama

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan bimbingan teknis (bimtek) penguatan kapasitas kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/Payau Diskan Kabupaten Probolinggo, Rabu dan Kamis (6-7/10/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh KUB dari wilayah Kecamatan Dringu. Hari pertama, KUB Putra Bahari Desa Tamansari, KUB Intan Bahari Desa Randuputih, KUB PNTR Desa Randuputih dan KUB Tugu Laut Desa Pabean. Hari kedua, KUB Samudra Harapan Desa Dringu, KUB Bunga Karang Desa Dringu, KUB Putra Sedong Desa Dringu dan KUB Sinar Sakti Desa Pabean.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi penguatan kelembagaan KUB dalam mendukung kinerja Dinas Perikanan dan prosedur pengusulan bantuan melalui SIPD dari Diskan Kabupaten Probolinggo serta penumbuhan dan pengembangan kelembagaan KUB dan peran KUSUKA (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan) dalam mendukung kelembagaan kelompok dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Hari Pur Sulistiono mengatakan Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo berupaya meningkatkan kegiatan pemberdayaan, salah satunya dengan memperkuat kelembagaan nelayan melalui kegiatan fasilitasi penguatan kapasitas kelembagaan KUB.

“Kegiatan perlindungan dan pemberdayaan nelayan bertujuan untuk menguatkan kelembagaan nelayan dalam mengelola sumber daya ikan dan sumber daya kelautan dalam menjalankan usaha yang mandiri, produktif, maju, modern dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan nelayan dalam meningkatkan kualitas kelembagaan KUB. Tujuannya mewujudkan kelompok nelayan yang maju, mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan.

“Melalui peningkatan kapasitas kelembagaan KUB ini diharapkan menjadi kelompok yang mandiri dan berdaya saing. Selama ini sesuai dengan evaluasi yang kami lakukan, mereka hanya sekedar berkelompok. Bagaimana mekanisme berkelompok dengan benar masih belum dijalankan,” pungkasnya. (wan)