Sunday, May 19, 2024
Depan > Pemerintahan > Dishub Terima SE Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian

Dishub Terima SE Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan perkeretaapian di perlintasan sebidang, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Edi Nursalam melakukan safari ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo, Rabu (27/4/2022) siang.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub RI Edi Nursalam hadir dengan didampingi dari Dishub Provinsi Jawa Timur, Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Timur serta DAOP IX PT KAI.

Kedatangannya disambut oleh Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami, perwakilan Dishub Kota Probolinggo serta sejumlah kepala bidang di lingkungan Dishub Kabupaten Probolinggo.

Tujuan kedatangan Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam ini untuk menyampaikan SE Dirjen Perkeretaapian Nomor 004 Tahun 2022 Tentang Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian.

SE Dirjen Perkeretaapian Kemenhub RI tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam kepada Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kemenhub RI Edi Nursalam menyampaikan bahwa tahun ini ueforia angkutan lebaran karena banyak warga yang mudik. Oleh karena itu, kerawanan di perlintasan juga semakin meningkat.

“Bapak Dirjen Perkeretaapian sudah mengeluarkan surat edaran untuk himbauan dan mengajak sinergi teman-teman, khususnya di Dinas Perhubungan kabupaten dan kota yang memiliki perlintasan sebidang. Sebab masih banyak perlintasan sebidang yang tidak dijaga sekitar 65 persen dan hanya 35 persen yang dijaga,” ujarnya.

Edi Nursalam mengharapkan jangan sampai terjadi kecelakaan di perlintasan. Jangan sampai warga masyarakat yang sedang berlibur dan menikmati libur lebaran malah mendapatkan musibah.

“Melalui SE ini kita mengajak untuk bersama-sama meningkatkan keselamatan di perlintasan sebidang. Termasuk kami meminta TNI/Polri untuk ikut bergabung menjaga bersama-sama perlintasan sebidang, khususnya yang tidak terjaga dan rawan bagi keselamatan warga,” jelasnya.

Lebih lanjut Edi Nursalam menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati di perlintasan, karena ini akan ada peningkatan frekuensi kereta api. Selain itu, kecepatan kereta api juga bertambah dan tentunya kerawanan di perlintasan juga bertambah.

“Kami minta kepada masyarakat untuk mengikuti rambu-rambu yang ada. Tengok kanan dan kiri sebelum melintas. Pastikan bahwa tidak ada kereta api, baru melintas. Khususnya di perlintasan-perlintasan yang tidak ada penjaga dan pintunya. Kalau masyarakat lebih berhati-hati, saya yakin keselamatan akan lebih terwujud,” tegasnya.

Sementara Kepala Dishub Kabupaen Probolinggo Taufik Alami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dari Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam yang membawa dasar bagi Dishub Kabupaten Probolinggo untuk melakukan suatu tindakan dan kebijakan untuk keamanan masyarakat, khususnya yang melakukan mudik ataupun nanti arus balik lebaran 2022.

“Inilah bentuk sinergi antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan pemerintah pusat. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah hadir untuk keselamatan masyarakat. Mari kita melaksanakan mudik tahun ini dengan aman, nyaman dan sehat,” katanya. (wan)