Depan > Kemasyarakatan > Awasi Ketepatan Penggunaan UTTP, Metrologi Legal Gelar Kegiatan Pos Ukur Ulang

Awasi Ketepatan Penggunaan UTTP, Metrologi Legal Gelar Kegiatan Pos Ukur Ulang

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka melindungi konsumen jelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, UPT Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan pos ukur ulang di Pasar Dringu Kecamatan Dringu, Selasa (26/4/2022) dan Pasar Semampir Kecamatan Kraksaan, Rabu (27/4/2022).

Kepala UPT Metrologi Legal Diyah Setyo Rini mengatakan kegiatan pos ukur ulang ini bertujuan untuk melakukan pengawasan ketepatan penggunaan UTTP (Ukur, Timbang, Takar dan Perlengkapannya) dalam bertransaksi.

“Kegiatan pos ukur ulang di Pasar Dringu merupakan salah satu upaya pengawasan terhadap ketepatan penggunaan UTTP di Pasar Dringu. Sementara di Pasar Semampir dalam rangka melindungi konsumen serta mendukung terwujudnya pasar tertib ukur,” katanya.

Menurut Rini, di dalam pos ukur ulang tersedia timbangan milik UPT Metrologi Legal yang telah terverifikasi. “Konsumen yang sudah berbelanja di pasar jika ingin memastikan kembali ketepatan jumlah timbangan belanjaannya maka bisa menimbang ulang di pos ukur ulang yang tersedia,” jelasnya.

Dengan adanya pos ukur ulang ini Rini mengharapkan penjual (pengguna UTTP) agar lebih berhati-hati dalam menggunakan timbangan/alat ukur, jangan sampai merugikan konsumen.

“Sedangkan untuk konsumen sendiri kami berharap untuk lebih cerdas dalam berbelanja dengan mengenali tanda tera pada alat ukur yang digunakan dalam bertransaksi, sehingga konsumen akan benar-benar yakin akan ketepatan jumlah ukuran, timbangan dan takaran barang-barang yang sudah dibeli,” pungkasnya. (wan)