Tuesday, May 21, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DWP Peringati HUT ke-24 dan Hari Ibu ke-95 dengan Tasyakuran dan Seminar

DWP Peringati HUT ke-24 dan Hari Ibu ke-95 dengan Tasyakuran dan Seminar

Reporter : Maman
PROBOLINGGO – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Dharma Wanita Persatuan dan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa, Rabu (20/12/2023).

Peringatan HUT ke-24 DWP kali ini mengambil tema “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan.”

Hadir pagi itu Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dan Pj. Ketua TP PKK yang juga Penasehat DWP Kabupaten Probolinggo, Rita Erik Ugas Irwanto, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto dan Ketua DWP Kabupaten Probolinggo Whestia Heri Sulistyanto. Hadir pula Kepala OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut diikuti oleh Ketua dan pengurus DWP OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo serta Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Probolinggo.

Tari Kiprah Glipang yang ditampilkan oleh siswa/siswi SDN Kedungdalem 1 menjadi pembuka rangkaian acara hari itu. Tampil pula paduan suara DWP Korwil Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Dringu.

Ketua DWP Kabupaten Probolinggo, Whestia Heri Sulistyanto pada sambutannya mengutip kalimat bijak Ibu Kartini, “Di tangan ibulah tergenggam  anak yang merupakan masa depan sebuah bangsa.”

“Kalimat dengan makna yang sangat mendalam. Pengaruh dari hubungan yang abadi antara ibu dan anak tidak hanya terbatas pada lingkungan keluarga, tetapi juga dalam konteks yang lebih luas, yaitu perkembangan suatu bangsa,” ujarnya.

Pendidikan, khususnya pendidikan dalam keluarga, menempatkan perempuan sebagai aktor kunci di dalamnya, karena  pendidikan merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan berkelanjutan, perempuan memiliki andil besar dalam proses perwujudannya.

Whestia menambahkan, sebagai bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan, sudah sepatutnya perempuan selalu bergerak dengan penuh semangat, seperti yang selama ini dilakukan bersama melalui Dharma Wanita Persatuan.

“Sebagai rumah, organisasi ini terus menjadi ruang yang aman bagi seluruh anggotanya untuk saling mendukung satu sama lain, sehingga potensi masing- masing anggota dapat berkembang secara optimal,” terangnya.

Whestia mengajak memanfaatkan momentum ini untuk bersyukur atas perjalanan Dharma Wanita Persatuan yang panjang dan tidak luput dari tantangan. Juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah ditempuh sebagai bekal melaju ke depan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang terus berperan aktif, mendukung, dan mencurahkan dedikasinya untuk keberlangsungan dan capaian DWP. Semoga kita selalu padu dalam kebersamaan dan gotong royong untuk membangun keluarga, lingkungan, dan bangsa menuju Indonesia emas,” pungkasnya.

Sementara Pj. Bupati Ugas pada sambutannya menegaskan, sebagai salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia dan mitra strategis pemerintah, DWP diharapkan dapat semakin berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan serta mendukung langkah kebijakan Pemkab Probolinggo.

“Tema HUT ke-24 DWP yakni “Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan” berbanding lurus dengan situasi saat ini, yang mana peran serta wanita dalam pembangunan sangatlah penting. Tanpa kehadiran kaum wanita, sebuah perjalanan kehidupan manusia dan bangsa akan sirna dan tidak seimbang,” tegasnya.

Pada momen peringatan Hari Ibu, Pj. Bupati Ugas mengajak kaum ibu Kabupaten Probolinggo untuk terus berdaya serta eksis dalam berbagai sektor kehidupan melalui karya nyata dengan pengabdian yang lebih besar untuk kemajuan negara, bangsa, daerah dan keluarga.

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas eksistensi dan peran aktif DWP Kabupaten Probolinggo, acara hari itu diisi dengan pembagian tumpeng. Diawali penyerahan tumpeng dari Ketua DWP Whestia Heri Sulistyanto kepada Pj. Sekda Heri yang. Dilanjutkan penyerahan tumpeng kepada Penasehat DWP Rita Erik Ugas Irwanto dan Pj. Bupati Ugas.

Pada kesempatan tersebut juga ada kejutan dari pengurus DWP Kabupaten Probolinggo yang memberikan buket bunga dan cinderamata berupa foto keluarga kepada Penasehat DWP Rita Erik Ugas Irwanto.

Usai seremoni pembukaan, rangkaian acara siang itu diisi dengan Seminar dengan tema “Mewujudkan Ketahanan Keluarga.” Bertindak sebagai narasumber, Hj. Asriana Kibtiyah, Professional Councellor Parenting Coach dari Malang.(m4n)