Tuesday, June 25, 2024
Depan > Pendidikan > Disdikdaya Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Bagi ASN

Disdikdaya Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Bagi ASN

Reporter : Syamsul Akbar
BATU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo menggelar bimtek peningkatan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) bagi ASN di lingkungan Disdikdaya Kabupaten Probolinggo, Kamis dan Jum’at (14-15/12/2023).

Kegiatan yang digelar di Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos, M.Si didampingi Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi serta motivator dr Umi Dayati, M.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, ASN yang berada di lingkungan Disdikdaya Kabupaten Probolinggo ini mendapatkan motivasi dari motivator dr Umi Dayati, M.Pd. Mereka terlihat sangat antusias mendengarkan motivasi-motivasi yang diberikan sang motivator.

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi menyampaikan ucapan terima kasih atas kebersamaan dan kekompakan dari ASN yang ada di lingkungan Disdikdaya Kabupaten Probolinggo.

“Mari bersama-sama menyamakan mindset untuk memberikan pelayanan terbaik bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sementara Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan individu atau kelompok dalam menggunakan sumber daya yang ada untuk mengatasi masalah atau kebutuhan yang dihadapi. Kapasitas yang dimaksud bisa berupa kemampuan teknis, manajerial dan leadership.

“Upaya untuk peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) berdasarkan dimensi pengetahuan ada tiga yaitu rata-rata lama sekolah untuk Kabupaten Probolinggo adalah 6,13, harapan lama sekolah 12,58 dan untuk ATS (Anak Tidak Sekolah) Kabupaten Probolinggo masih berada pada urutan ke 33 di Provinsi Jawa Timur,” katanya.

Menurut Pj Bupati Ugas, kegiatan ini diharapkan bisa memberikan solusi dan langkah strategis untuk menanggulangi 12 titik rawan korupsi pelayanan pada Disdikdaya Kabupaten Probolinggo.

“Yakni, pelayanan rekomendasi ijin pendirian sekolah, pelayanan perpanjangan ijin operasional sekolah, pelayanan legalisir ijazah, pelayanan mutasi siswa, layanan dapodik (data pokok pendidikan), layanan pengajuan penerbitan SK dan pencairan tunjangan profesi guru, layanan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), mutasi guru, kepala sekolah, pengawas dan penilik,” jelasnya.

Selanjutnya, pelayanan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional, kenaikan gaji berkala dan pengajuan pensiun, pengadaan barang dan jasa, pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan dana BOS, pengelolaan DAK fisik

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh karyawan dan karyawati terkait pelayanan, manajerial dan kepemimpinan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)