Depan > Pendidikan > Disdikdaya Berikan Pelatihan Seni Tinju Bagi Guru SD

Disdikdaya Berikan Pelatihan Seni Tinju Bagi Guru SD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pelatihan seni tinju bagi guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Probolinggo, Senin (24/10/2022) di ruang Agus Salim I Disdikdaya Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru olahraga SD di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka dibimbing oleh narasumber Wijono dari Program Studi D4 Kepelatihan Olahraga Program Vokasi Unesa yang sedang melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Sri Agus Indariyati mengatakan tinju merupakan olahraga beladiri seperti cabang olahraga (cabor) lainnya seperti karate, wushu, pencak silat, taekwondo dan lain-lain.

“Akan tetapi tinju tidak bisa atau kurang diterima bila dikenalkan di kalangan Sekolah Dasar (SD). Di sisi lain, pembinaan tinju harus melalui usia dini. Sementara tinju saat ini tidak sesuai dengan perkembangan anak,” katanya.

Menurut Sri Agus, agar pembinaan tinju usia dini dapat diterima di Sekolah Dasar (SD), maka dibuat seni tinju yang dimodifikasi berbeda dengan saat ini. Yakni, berupa gerakan dasar yang dibakukan dan akhirnya dapat dilombakan bagi anak usia dini yang aman.

“Seni tinju melatih perbendaharaan gerak anak atau motorik anak sebab dilatih kiri dan kanan. Disamping itu juga melatih disiplin, kerja sama, karakter dan sportifitas,” pungkasnya. (wan)

https://probolinggokab.go.id/wp-content/uploads/2019/01/slotmaxwin/ https://bali.bawaslu.go.id/assets/artikel/slotgacormaxwin/ https://slot.papuabaratprov.go.id slot slot pulsa