Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diperta Gelar Rakor Perencanaan Pupuk Bersubsidi Tahun 2024

Diperta Gelar Rakor Perencanaan Pupuk Bersubsidi Tahun 2024

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo menggelar rapat koordinasi (rakor) perencanaan pupuk bersubsidi tahun 2024 di ruang pertemuan Diperta Kabupaten Probolinggo, Senin (6/11/2023).

Rakor perencanaan pupuk bersubsidi tahun 2024 ini diikuti olh Koordinator PPL, admin Simluhtan (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian) dan admin e-RDKK (Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian drh Faiq El Himmah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada Koordinator PPL, admin Simluhtan dan admin e-RDKK bahwa kegiatan pupuk bersubsidi tahun 2024 melalui e-RDKK.

“Untuk alokasi pupuk bersubsidi tahun 2022 itu menggunakan e-RDKK dan tahun 2023 menggunakan e-alokasi. Tetapi tahun 2024 kembali menggunakan e-RDKK sama seperti tahun 2022,” katanya.

Menurut Faiq permasalahan yang dihadapi di lapangan terkait dengan e-RDKK ini diantaranya waktu penginputan singkat, sistem lama untuk proses penginputan, ada NIK tidak padan dengan Disdukcapil serta data terinput banyak yang hilang setelah maintenance.

“Solusi yang harus dilakukan, segera persiapkan data, disesuaikan jam penginputannya atau menunggu sistem stabil, segera sinkronkan data NIK-nya serta segera input ulang,” jelasnya.

Dengan adanya rakor ini Faiq mengharapkan nantinya dapat meningkatkan efektifitas realisasi penyaluran pupuk bersubsidi serta mempermudah mekanisme realokasi. “Kuota maksimal yang dapat dibeli petani dibatasi oleh dosis rekomendasi, perlu diwaspadai potensi habisnya alokasi di akhir tahun bagi petani yang belum menebus,” tegasnya.

Rencananya pada Senin tanggal 13 Nopember 2023 mendatang, pihaknya akan mengagendakan rakor dengan KP3 (Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida) Kabupaten Probolinggo. (wan)