Friday, February 23, 2024
Depan > Kesehatan > Dinkes dan PMI Gelar Vaksinasi Covid-19 Booster 2 dan 3 Bagi Lansia dan Donor Darah

Dinkes dan PMI Gelar Vaksinasi Covid-19 Booster 2 dan 3 Bagi Lansia dan Donor Darah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan PMI menyelenggarakan kegiatan vaksinasi Covid-19 booster 2 dan 3 bagi lansia serta pelayanan donor darah, Senin (28/11/2022) di ruang pertemuan Jabung II Kantor Bupati Probolinggo.

Pelayanan vaksinasi booster lansia dan donor darah untuk para ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo tersebut dalam rangka untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri, HUT PGRI, Hari Guru Nasional dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tahun 2022.

Pelayanan kesehatan di lingkungan kerja itu disambut antusias ASN, baik bagi yang berkeinginan mendapatkan vaksin booster lansia maupun yang berkeinginan mendonorkan darahnya.

Hal ini juga diungkapkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto saat mendapatkan layanan vaksinasi booster ke-2 nya.

Heri menuturkan, kegiatan ini selain untuk mendorong hasil capaian persentase vaksinasi booster terutama bagi lansia di Kabupaten Probolinggo. Sekaligus guna mempermudah para ASN yang sudah rutin mendonorkan darahnya selama ini.

“Mudah-mudahan melalui momen-momen seperti ini kita sebagai ASN terus bisa istiqomah untuk saling berbagi dan meringankan beban sesama yang sedang membutuhkan transfusi darah,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica menjelaskan, tujuan utama agar menjadi peringatan bersama bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir.

Mengingat sampai saat ini data terkonfirmasi Covid-19 masih didominasi oleh usia produktif yakni anak-anak sampai usia remaja. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini pihaknya berharap agar imunitas masyarakat tetap terjaga dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19.

“Varian baru Covid-19 saat ini memang gejalanya tergolong lebih ringan, namun untuk spreading penularannya masih sama dengan varian Covid-19 sebelumnya,” tandasnya. (dra)