Depan > Pemerintahan > Dilantik, Kades Diminta Segera Susun RPJMDes

Dilantik, Kades Diminta Segera Susun RPJMDes

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 249 orang kepala desa (kades) masa khidmat 2022-2028 resmi dilantik di Ruang Rangga Aditama Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan, Rabu (13/4/2022).

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko meminta agar dalam setiap pelaksanaan tugas, kepala desa harus selalu berorientasi pada hukum dan aturan yang berlaku. “Segera susun RPJMDes maksimal 3 (tiga) bulan sejak tanggal pelantikan. Laksanakan semua program dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan agar aman dan amanah,” katanya.

Sebagai pemimpin masyarakat jelas Plt Bupati Timbul, kepala desa harus berorientasi pada pengabdian yang didasarkan kesadaran bahwa kepala desa dipilih oleh masyarakat, sehingga kepentingan masyarakat harus diutamakan.

“Keselamatan masyarakat dari pandemi Covid-19 ini menjadi yang utama. Memastikan penegakan protokol kesehatan di desa dan mendukung pencapaian target vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Plt Bupati Timbul meminta kades segera mempelajari dan memahami tugas, kewajiban dan wewenang sebagai kepala desa. Jalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan lembaga yang ada di desa, terutama BPD sebagai mitra pemerintah desa.

“Rangkul dan libatkan masyarakat dalam pembangunan tanpa pandang bulu, tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, karena semua warga menjadi tanggung jawab kepala desa. Berdayakan perangkat desa sesuai tugas pokok dan fungsinya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” terangnya.

Lebih lanjut Plt Bupati Timbul juga memerintahkan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) sebelum Peraturan Presiden (Perpres) turun agar gaji kepala desa dan perangkat desa atau Siltap dibayarkan setiap bulan. Serta dikaji untuk pemberian jaminan hari tua bagi kepala desa dan perangkat desa.

“Aspirasi Apdesi dari awal untuk penyelenggaraan Pilkades serentak sudah kita ikuti. Malah ketika Apdesi demo di kantor Pemkab Probolinggo, saya sedang mengurus ijin ke Kemendagri di waktu yang sama saat demo berlangsung. Sehingga karena saya urus sendiri ijin penyelenggaraan pilkades serentak tersebut, ijin langsung keluar dari Kemendagri,” tegasnya.

Plt Bupati Timbul mengharapkan agar kepala desa bersama Pemerintah Kabupaten Probolinggo membangun pemerintahan desa kedepan untuk kemajuan Kabupaten Probolinggo yang lebih baik.

“Andaikan tahun depan pemerintah desa sudah tidak ada lagi tugas menangani Covid-19, maka bisa merencanakan belanja mobil siaga dari Dana Desa (DD),” terangnya.

Lebih lanjut Plt Bupati Timbul meminta kepada para kepala desa yang sudah dilantik agar tidak melakukan ueforia secara berlebihan. Kepala desa harus memiliki sikap toleransi dan ungkapkan rasa syukur itu dengan melakukan doa bersama.

“Ayo sekarang tugasnya membangun kembali Kabupaten Probolinggo dan konsentrasi kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Lakukan pemerataan program di desa dan sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat. Berikan semua bantuan kepada orang yang berhak dan kalau tidak miskin jangan dimasukkan miskin,” pungkasnya. (wan)