Depan > Pemerintahan > 249 Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dilantik

249 Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dilantik

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebanyak 249 orang Ketua Tim Penggerak PKK Desa masa khidmat 2022-2028 se-Kabupaten Probolinggo resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko di Ruang Rangga Aditama Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan, Rabu (13/4/2022).

Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa ini dilaksanakan usai pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 249 orang kepala desa (kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

Penandatanganan naskah pelantikan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Desa Sumberlele Kecamatan Kraksaan Ny. Indah Nursanti Supriyanto, Ketua TP PKK Desa Pondok Kelor Kecamatan Paiton Ny. Esti Alfian Ade Candra, Ketua TP PKK Desa Kamal Kuning Kecamatan Krejengan Ria Lutvi Wasik dan Ketua TP PKK Desa Brani Wetan Kecamatan Maron Ny. Yulistianingsih.

Dilanjutkan dengan penyematan Lencana PKK dan penyerahan petikan SK Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

“Saya percaya bahwa ibu-ibu akan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya disertai rasa tanggung jawab sesuai dengan tugas yang dipercayakan kepada ibu-ibu untuk meningkatkan peran serta PKK dalam mensukseskan pembangunan,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko.

Sementara Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko meminta kepada para istri kepala desa atau yang ditunjuk menjadi Ketua Tim Penggerak PKK desa untuk selalu mendampingi dan mendukung suami/kepala desa dalam setiap melaksanakan tugasnya.

“Saya berharap Ketua Tim Penggerak PKK desa ikut berperan dalam pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan instruksi yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo di wilayahnya masing-masing selain dari pelaksanaan program PKK. Perankan Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah secara maksimal dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Menurut Plt Bupati Timbul, Ketua TP PKK Desa harus turut serta dalam menangani masalah stunting serta Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang masih tinggi di Kabupaten Probolinggo.

“Galakkanlah kembali kegiatan dan program posyandu di masing-masing desa. Mintalah dukungan anggaran kepada kepala desa sehingga program-program PKK di desa dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (wan)