Friday, May 24, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Desa Krejengan Bakal Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Jatim

Desa Krejengan Bakal Ikuti Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi Tingkat Jatim

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Desa Krejengan Kecamatan Krejengan berhasil tampil sebagai juara 1 dalam lomba desa dan kelurahan berprestasi tingkat Kabupaten Probolinggo tahun 2023. Oleh karenanya, Desa Krejengan akan mewakili Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.

Atas prestasi desanya tersebut, Kepala Desa Krejengan Nurul Huda mendapatkan penghargaan piala lomba desa, sertifikat dan uang pembinaan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko dalam upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-277 dan Hari Otonomi Daerah ke-27 di Alun-alun Kota Kraksaan, Jum’at (28/4/2023).

Kepala Desa Krejengan Nurul Huda menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Desa Krejengan dan semua lembaga yang ada di Desa Krejengan yang selama ini bersinergi membangun desa dengan tujuan menjadi desa maju dan mandiri serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Harapannya bagaimana bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Krejengan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo, terutama kepada Bapak Wakil Bupati Probolinggo, termasuk dinas terkait yang selama ini intens melakukan advokasi dan pendampingan terhadap kami Pemerintah Desa Krejengan untuk meningkatkan kualitas layanan, termasuk bagaimana kita melaksanakan kegiatan berdesa dengan baik,” katanya.

Huda menerangkan sebenarnya tujuan utamanya bukan hanya meraih juara saja, tetapi pihaknya mempunyai prinsip hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Tentunya untuk hari besok harus lebih baik dari hari ini. Artinya selama ini pihaknya menjalankan kegiatan pemerintahan desa dan pelayanan terhadap masyarakat yang berusaha untuk tetap baik dan terus tetap melakukan inovasi.

“Endingnya, bagaimana kita bisa memajukan Desa Krejengan. Sebenarnya tidak ada perasaaan atau akan mendapatkan penghargaan dan lain sebagainya. Hal itu tidak terpikirkan sebelumnya. Tetapi Alhamdulillah, ini menjadi momentum bagi kami untuk lebih semangat dalam menjalankan kegiatan di pemerintahan desa,” tegasnya.

Seiring dengan akan mewakili Kabupaten Probolinggo, Huda mengaku sadar dengan segala kekurangan yang ada baik administrasi, pelayanan maupun inovasi. Namun karena sudah mendapatkan penghargaan dan kepercayaan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk mewakili Kabupaten Probolinggo di tingkat Provinsi Jawa Timur, tentunya pihaknya harus berbenah dan berusaha mempersiapkan diri.

“Paling tidak untuk bersaing, salah satunya dengan melengkapi sistem administrasi dan membangun sebuah inovasi dalam hal ini layanan digital untuk desa mandiri. Artinya, kami membuat sebuah terobosan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, transparansi dan akuntabilitas anggaran serta sebagai wahana termasuk juga sarana informasi bagi masyarakat. Kami membangun website desa dengan alamat krejengan.web.id. Semuanya sudah ada disitu dan Insya Allah itu mungkin yang menjadi persiapan kami,” jelasnya.

Tentunya juga bukan hanya itu jelas Huda, data-data berkaitan dengan data pendidikan, kemiskinan termasuk pemberdayaan sudah masuk di data itu. Artinya semua kegiatan baik dalam hal pembinaan, pemberdayaan, pembangunan dan sebagainya sudah masuk di aplikasi tersebut.

“Yang menjadi kekurangan tentunya di administrasi. Secara arsiparis kami masih belum maksimal, tapi kami sadar dan tahu celah-celahnya sehingga harus membenani untuk tertib administrasi. Kalau kegiatan-kegiatan yang lain, Insya Allah kami sudah melakukan. Jadi dari segala kegiatan baik pembinaan, pemberdayaan dan sebagainya,” ujarnya.

Menurut Huda, di Desa Krejengan saat ini sudah ada ruang perpustakaan desa dan ruang paralegal. Ruang paralegal itu yang menjadi inovasi desa waktu itu dan tidak semua desa memilikinya.

“Alhamdulillah untuk bulan ini kami tidak hanya mengikuti lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur saja. Insya Allah kami juga mengikuti Paralegal Award Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Hukum dan HAM khusus untuk kepala desa. Kami mewakili Kabupaten Probolinggo,” tambahnya.

Dengan penghargaan ini Huda mengharapkan paling tidak untuk di internal Pemerintah Desa Krejengan hal ini sebagai penyemangat untuk bisa berbuat lebih. Dalam artian pelayanannya dan lain sebagainya, termasuk inovasi. Intinya bagaimana bisa bermanfaat untuk masyarakat dan ada kemudahan dalam memberikan pelayanan.

“Paling tidak mungkin untuk Pemerintah Kabupaten Probolinggo tetap konsisten terus melakukan pembinaan kepada desa-desa di Kabupaten Probolinggo sehingga nantinya kami harapkan bersama-sama dengan desa yang lain ingin maju. Syukur-syukur target Indeks Desa Membangun (IDM) di Kabupaten Probolinggo tambah naik. Untuk IDM mandiri maupun maju tidak ada peningkatan,” pungkasnya. (wan)