Depan > Pemerintahan > Dandim 0820 Probolinggo Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Dandim 0820 Probolinggo Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Komandan Kodim (Dandim) 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arip Budi Cahyono memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kraksaan, Rabu (17/8/2022) dini hari. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Apel kehormatan dan renungan suci ini dilaksanakan pada malam menjelang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arip Budi Cahyono menyampaikan penghormatan tertinggi bagi para pahlawan yang telah mengabdi dan berjuang demi kemerdekaan nusa dan bangsa.

Apel kehormatan dan renungan suci yang diikuti oleh para personil TNI/Polri, Satpol PP dan Korpri Kabupaten Probolinggo ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Probolinggo H Soeparwiyono, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo dan jajaran Forkopimda Kabupaten Probolinggo serta sejumlah Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Suasana semakin khidmat dan syahdu dikala seluruh lampu di TMP Kota Kraksaan yang berada di Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan ini dimatikan dan hanya diterangi oleh sepasang obor di samping Inspektur Upacara (Irup).

Apel kehormatan dan renungan suci ini ditutup dengan mengheningkan cipta dan salam penghormatan perpisahan dengan iringan koorsik Genderang Sangkakala Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dari 4 (empat) sudut TMP Kota Kraksaan.

Suara tiupan terompet yang syahdu pada dini hari itu cukup menambah rasa khidmat pada apel kehormatan dan renungan suci tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan prosesi tabur bunga dipimpin oleh Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arip Budi Cahyono dan diikuti oleh Sekda Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono, Ketua DPRD Probolinggo Andi Suryanto Wibowo serta jajaran Forkopimda di pusara makam para pahlawan yang ada di TMP Kota Kraksaan. (wan)