Depan > Informasi Layak Anak > Cabor Muaythai Raih Medali Perak di Kelas Wai Khru

Cabor Muaythai Raih Medali Perak di Kelas Wai Khru

Reporter : Syamsul Akbar
LUMAJANG – Koleksi medali kontingen Kabupaten Probolinggo dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022 kembali bertambah. Hal ini seiring dengan perolehan medali perak yang diraih oleh atlit cabang olahraga (cabor) muaythai Dimas Lukito Wardhana di kelas Wai Khru, Rabu (29/6/2022).

Bermain di GOR Aletheia Kabupaten Lumajang, Dimas harus bermain maksimal. Pasalnya dalam kelas Wai Khru ini, juri atau wasit memberikan penilaian pada penampilan atlit yang mempertontonkan ritual atau seni sebelum bertarung dalam kompetisi muaythai.

“Yang dihitung itu bukan dari berapa banyaknya pukulan atau tendangan. Tapi tingkat keluwesan atlit dalam memperagakan gerakan ritual sebelum pertandingan muaythai dimulai,” kata Pelatiha Muaythai Kabupaten Probolinggo Serno Lesmana.

Dari hasil penilaian dewan juri/wasit, Dimas mengantongi poin total sebanyak 480 poin. Dengan perolehan poin sebanyak itu, ia meraih poin terbanyak kedua dan dinyatakan berhak meraih medali perak.

“Alhamdulillah cabor muaythai bisa menyumbangkan medali pertamanya. Mudah-mudahan besok kami bisa menyumbangkan lebih banyak lagi medali bagi Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Ketua Pengkab Muaythai Probolinggo Deby Abdul Gani mengaku bersyukur karena atlitnya bisa mendapatkan medali perak untuk kategori Waikru.

“Waikru ini merupakan cabang seni di beladiri Muaythai. Prestasi ini diraih karena Dimas rutin berlatih dengan serius dan terprogram,” ujarnya.

Menurut Deby, untuk Porprov VII Jatim ini pihaknya membawa 12 atlit dengan target 3 medali emas. “Masih ada waktu dan mudah-mudahan target 3 medali emas bisa diraih. Ke depan kami akan lebih memperbaiki dari sesi penambahan power saat berlaga,” jelasnya.

Sementara Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengaku sangat senang dan bangga dengan raihan medali perak yang sudah disumbangkan oleh atlit muaythai dalam ajang Porprov VII Jatim tahun 2022.

“Semoga atlit muaythai yang lain juga dapat meraih medali emas karena muaythai merupakan salah satu cabor unggulan. Mudah-mudahan masih bisa menambah lagi medalinya untuk cabor muaythai,” katanya. (wan)