Tuesday, September 21, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Pimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun 2021

Bupati Tantri Pimpin Rapat Paparan Program dan Kegiatan Tahun 2021

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE memimpin rapat paparan program dan kegiatan tahun 2021 yang esensi dan focus di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Senin (5/10/2020).

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. Kegiatan ini diikuti oleh para Kepala OPD, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan dokumen KUA PPAS Tahun Anggaran 2021 telah diambil melalui keputusan bersama antara Bupati dan DPRD Kabupaten Probolinggo pada tanggal 17 Juli 2020. “Dalam perkembangannya terdapat dinamika yang mempengaruhi perjalanan penyusunan dan pembahasan anggaran 2021,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sekda Soeparwiyono menegaskan bahwa penyusunan rancangan KUA dan PPAS serta Rancangan APBD Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan secara elektronik melalui SIPD sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 tahun 2019 Tentang SIPD.

“Selain Pemkab Probolinggo mengharuskan melakukan entry ulang aplikasi SIPD dalam hal penyusunan RKPD, KUA PPAS dan RAPBD tahun anggaran 2021, Pemerintah Pusat bersama DPR RI melalui Rapat Paripurna telah sepakat mengambil keputusan persetujuan atas Rancangan Undang-undang APBN 2021. Sehubungan dengan adanya hal tersebut. Kementerian Keuangan telah merilis rincian alokasi Transfer ke daerah dan Dana Desa (TKDD) dalam anggaran 2021,” tegasnya.

Sementara Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE menegaskan kebijakan prioritas Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo pada RAPBD Tahun Anggaran 2021 untuk percepatan pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat dengan fokus pemulihan industri, pariwisata, investasi, kesehatan dan infrastruktur.

“Tentunya dilakukannya Koordinasi Integrasi Sinkronisasi (KIS) program kegiatan dan sub kegiatan, baik dari beragam sumber dana antar OPD dan antar Stakeholders. Lakukan kolaborasi secara bertahap dan berkelanjutan dengan OPD terkait, lakukan inovasi program kegiatan dan sub kegiatan yang mempunyai daya ungkit atas prioritas pemulihan ekonomi dan infrastruktur,” katanya.

Sesuai dengan paparan dari Sekda Soeparwiyono, Bupati Tantri berharap kepada seluruh Kepala OPD dan Camat untuk dapatnya mengentri ulang RKPD dan PPAS menggunakan SIPD (System Infomasi Pemerintahan Daerah). “Menyesuaikan program dan kegiatan dengan pagu anggaran definitif yang baru pada aplikasi SIPD,” pungkasnya. (y0n)