Thursday, September 23, 2021
Depan > Pemerintahan > Bupati Tantri Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

Bupati Tantri Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Secara Virtual

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Setelah melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo pada pukul 08.00 WIB, Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE bersama jajaran Forkopimda mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Kemerdekaan RI secara virtual pada pukul 10.00 WIB di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (17/8/2021) siang.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Kemerdekaan RI secara virtual tersebut diikuti oleh seluruh kabupaten/kota dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur. Tema peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun 2021 adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Turut mendampingi Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arip Budi Cahyono, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Agus Akhyudi, Ketua Pengadilan Agama Kraksaan Safi’, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Dalam upacara virtual tersebut, Presiden Joko Widodo yang memimpin peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Kemerdekaan RI terlihat memakai pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung. Sementara Wakil Presiden KH Ma’aruf Amin dengan memakai pakaian adat Sunda dari Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Kemerdekaan RI yang dilakukan secara virtual dari halaman Istana Merdeka Jakarta ini terbilang cukup unik, karena semua peserta upacara memang mengikutinya secara virtual. Semua itu dilakukan untuk mengurangi terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19.

Usai mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-76 Kemerdekaan RI secara virtual tersebut Bupati Tantri menyampaikan dalam momentum 76 tahun Kemerdekaan RI sebagai warga Negara harus mengucapkan rasa syukur bahwa di tengah-tengah tantangan apapun paling tidak masih diberikan nikmat sehat dan nikmat waktu, tentunya juga kemerdekaan.

“Walaupun di tengah pandemi Covid-19, kita harus membuka mata dan pikiran kita bahwa 76 tahun Indonesia merdeka ini harus betul-betul kita rawat dan kita jaga serta tentu kita isi dengan apapun potensi dan kapasitas diri kita di tempat masing-masing,” katanya.

Bupati mengharapkan di tengah pandemi Covid-19 dengan tantangan dan ketidakpastian ini, sebetulnya momentum yang luar biasa bagi kita untuk introspeksi diri. Salah satu hal yang dirasakan selama lebih dari 1,5 tahun ini, pandemi betul-betul menyadarkan pada semua bahwa manusia tidak boleh berada pada zona nyaman serta harus terus berkembang dan harus terus mau untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahan dan tantangan di dalamnya.

“Manakala kemudian ditambah dengan semangat serta etos kita untuk mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, Insya Allah kita menjadi masyarakat yang mampu secara kaffah mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dan menjaga agar supaya nikmat kemerdekaan ini tidak sia-sia,” pungkasnya. (wan)