Sunday, January 23, 2022
Depan > Pendidikan > BUMDes Bermi Indah Salurkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

BUMDes Bermi Indah Salurkan Beasiswa Bagi Siswa Berprestasi

Reporter : Syamsul Akbar
KRUCIL – Sebagai bentuk implementasi dari “Program Manfaat BUMDesa untuk Pendidikan”, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bermi Indah Desa Bermi Kecamatan Krucil menyalurkan beasiswa bagi siswa berprestasi asli Desa Bermi Kecamatan Krucil.

Beasiswa bagi siswa berprestasi ini diberikan kepada 30 siswa dari tingkat SD dan SMP. Yakni, siswa SDN Bermi 1 sebanyak 12 orang, siswa SDN Bermi 2 sebanyak 12 orang dan siswa SMPN 1 Krucil sebanyak 6 orang. Sementara untuk TK dan PAUD diberikan berupa barang/alat pendidikan ke masing-masing lembaga.

Direktur BUMDes Bermi Indah Purwanto Raharjo mengungkapkan pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi bagi warga asli Desa Bermi ini merupakan komitmen dari BUMDes Bermi Indah kepada Desa Bermi dalam rangka turut membangun kesejahteraan masyarakat melalui penyisihan 5 persen dari keuntungan.

“Selain itu juga memberikan kontribusi kepada desa berupa pendapatan asli desa yang kami serahkan pada saat Musdes (Musyawarah Desa) Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes Bermi Indah,” ujarnya.

Diharapkan kehadiran BUMDes Bermi Indah ini mampu memberikan warna pada perekonomian desa dan Kabupaten Probolinggo. “Mohon dukungannya selalu untuk berkunjung ke BUMDes Bermi Indah Desa Bermi agar kami terus mampu berkarya dan memberikan warna bagi desa kami dan Kabupaten Probolinggo agar desa mandiri, sejahtera dan maju dapat tercapai,” jelasnya.

Sementara Penggerak Swadaya Masyarakat Muda pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo Yudi Hartanto mengatakan program beasiswa bagi siswa berprestasi yang dibuat oleh BUMDes Bermi Indah ini sudah sesuai filosofi BUMDes.

“BUMDes harus memberikan manfaat bagi masyarakat dan memberikan efek domino kepada masyarakat secara ekonomi, menggerakan sektor-sektor perekonomian masyarakat pelaku UMKM dan lainnya. Maka tidak salah jika BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa dan tulang punggung ekonomi desa,” katanya.

Yudi mengharapkan tahun 2022 menjadi tahun kebangkitan BUMDes melalui jargon “Salam BUMDes, BUMDes Maju Desa Sejahtera…Bisa Pasti Bisa ..Yes..”. “Paling tidak BUMDes bisa memberikan warna bagi ekonomi desa dengan memberikan kontribusi Pendapatan Asli Desa, salah satunya bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19 menuju desa mandiri, sejahtera dan ekonomi bangkit,” pungkasnya. (wan)