Tuesday, October 19, 2021
Depan > Kesehatan > BPOM Tegaskan Vaksin Astrazeneca Aman dan Efektif

BPOM Tegaskan Vaksin Astrazeneca Aman dan Efektif

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan pada tanggal 8 Maret 2021 lalu, vaksin Astrazeneca telah tiba di Indonesia sebanyak 1.113.600 dosis.

“BPOM sudah menjelaskan bahwa manfaat pemberian vaksin tersebut lebih besar dibandingkan dengan risiko yang ditimbulkan serta aman dan efektif, sehingga vaksin AstraZeneca sudah dapat mulai digunakan. WHO dan EMA juga sudah menyatakan bahwa vaksin Covid-19 AstraZeneca aman,” katanya.

Menurut Dewi, semua tindakan medis, pemberian obat-obatan dan vaksinasi pasti tidak lepas dari efek samping. “Tetap dalam kondisi tertentu, asalkan manfaat yang didapat lebih besar daripadi resikonya, maka vaksin dapat tetap diberikan,” jelasnya.

Dewi menerangan manfaat pemberian vaksin dinilai lebih besar antara lain mengurangi risiko Covid-19 bergejala, menekan angka kematian, mengurangi risiko penularan serta efek jangka panjang, jika lebih dari 70% populasi tervaksinasi maka dapat membentuk herd imunity untuk pengendalian pandemi Covid-19.

“Mari kita dukung ikhtiar pemerintah ini untuk mensukseskan program Vaksinasi Covid-19 agar pengendalian pandemi ini segera berhasil. Tetap jalankan protokol kesehatan untuk lindungi diri dan orang-orang tersayang di sekitar kita. Salam sehat selalu,” pungkasnya. (wan)