Friday, September 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > BLK Disnaker Gelar Uji Kompetensi Kejuruan Basic Office

BLK Disnaker Gelar Uji Kompetensi Kejuruan Basic Office

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Untuk mengukur kemampuan para alumni pelatihan berbasis kompetensi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar sertifikasi/uji kompetensi kejuruan computer operator asistan/basic office, Kamis (21/11/2019).

Uji kompetensi yang dilaksanakan di UPT BLK Disnaker Kabupaten Probolinggo ini diikuti sebanyak 16 orang dari kejuruan computer operator asistan/basic office. Kegiatan ini menghadirkan penguji/asesor sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin melalui Kepala UPT BLK Ali Imron mengungkapkan sertifikasi atau uji kompetensi ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana materi yang sudah diserap selama mengikuti pelatihan berbasis kompetensi. Selain itu, untuk mengetahui kemampuan siswa dari pelatihan berbasis kompetensi yang sudah diikutinya.

“Uji kompetensi ini dilakukan sebagai tolak ukur kemampuan siswa ketika selesai dilatih berbasis kompetensi. Dengan kata lain lain, uji kompetensi ini dilakukan untuk mengetahui kompeten apa tidaknya siswa. Ketika sudah kompeten, maka mereka sudah layak jual ke dunia kerja sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya,” katanya.

Menurut Imron, bagi siswa tidak lulus bisa ikut uji kompetensi lagi pada tahun yang akan datang. Tetapi apabila tidak ada dan siswa membutuhkan sertifikat kompetensi, maka dapat mengikuti uji kompetensi secara mandiri.

“Harapannya masyarakat yang sudah dilatih dan diikutkan sertifikasi kompetensi nantinya bisa lebih mudah untuk melamar pekerjaan. Karena mereka sudah mempunyai modal untuk bersaing di dunia kerja,” harapnya. (wan)