Thursday, February 22, 2024
Depan > Pemerintahan > Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Bawaslu Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Reporter : Wahed Efendi
PAITON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif dalam kegiatan Media Gathering di Paiton Resort Hotel, Kamis (23/2/2023)

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya HA. Suyuti, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian serta peserta sosialisasi dari jurnalis media cetak, radio dan media elektronik se-Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan pengawasan partisipatif bersama dengan Bawaslu berkenaan dengan akan dilaksanakannya Pemilu dan Pilkada tahun 2024 pada 27 Nopember 2024.

“Mengingat pertumbuhan dan perkembangan media di Kabupaten Probolinggo baik cetak, elektronik dan radio. Hal inilah yang menjadi awal bagi Bawaslu untuk bisa optimis mengawasi Pemilu 2024 dengan baik dan berintegritas di Kabupaten Probolinggo bersama dengan media,” ujarnya.

Kegiatan yang bertajuk “Media Sebagai Mitra Strategis Bawaslu” ini sangat berarti dan penting bagi kebersamaan kedepan antara penyelenggara Pemilu baik Bawaslu, KPU dan Media dalam mengawal pemilu yang berintegritas, Pemilu langsung umum, bebas, rahasia akan terwujud.

“Saya optimis, berkat pengawasan kita bersama dalam mengawal pelaksanaan pemilu, akan dapat menghasilkan pemimpin yang amanah, berintegritas dan betul-betul melayani masyarakat Kabupaten Probolinggo tanpa memikirkan kepentingan pribadi,” tegasnya.

Qorib berharap dengan diadakannya sosialisasi pengawasan partisipatif bersama media, dapat menemukan formula bagaimana bentuk-bentuk kerjasama untuk bisa mengawal Pemilu 2024

Sementara Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian mengajak media untuk memberitakan sesuatu yang benar dan tentunya informasi itu diperoleh dari Banwaslu dan KPU. “Kita akan mengajak Banwaslu dan KPU untuk bersinergi membuat konten yang bisa meliterasi masyarakat untuk berpartisipasi dan mensukseskan Pemilu 2024,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bawaslu, KPU, PWI, Diskominfo Kabupaten Probolinggo bersama puluhan awak media menandatangani deklarasi “Siap Kawal Pemilu Serentak 2024″. (hed)