Sunday, September 19, 2021
Depan > Pemerintahan > Banggar Sampaikan Laporan Pembahasan P-APBD 2021

Banggar Sampaikan Laporan Pembahasan P-APBD 2021

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – DPRD Kabupaten Probolinggo kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil kegiatan Badan Anggaran (Banggar) Pembahasan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Kabupaten Probolinggo Tahun Anggaran 2021, Rabu (25/8/2021) siang.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo ini dihadiri oleh Pimpinan dan Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Probolinggo. Sementara anggota DPRD Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo mengikuti secara virtual.

Dalam laporan hasil kegiatan Banggar pembahasan P-APBD Kabupaten Probolinggo Tahun 2021 disebutkan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, maka Badan Anggaran mengambil kesimpulan bahwa secara normatif, penyusunan dan pembahasan rancangan Perubahan APBD tahun anggaran 2021 Kabupaten Probolinggo sudah memenuhi aspek yuridis-normatif.

Sedangkan terhadap hal-hal yang masih perlu dilakukan perbaikan agar dilakukan penyempurnaan sebagaimana yang disepakati dalam pembahasan bersama antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Probolinggo dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Oleh karena itu laporan Badan Anggaran ini dapat dijadikan sebagai bahan dan masukan untuk pembahasan Fraksi-fraksi dalam menyusun pendapat akhir.

Dalam laporan tersebut, Banggar juga menyampaikan beberapa saran. Pertama, prinsip kehati-hatian agar dikedepankan dalam melaksanakan pekerjaan yang sudah dianggarkan dengan tetap berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, penulisan angka agar dilakukan lebih cermat dan hati-hati, sehingga tidak menimbulkan penafsiran lain.

Ketiga, mengingat waktu yang relatif pendek, agar setelah Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, pekerjaan fisik yang melalui lelang agar segera dilaksanakan. Keempat, untuk rehab bangunan yang membutuhkan anggaran relatif besar, diharapkan ada tim investigasi atau pendampingan, dalam pelaksanaannya. (wan)