Wednesday, October 20, 2021
Depan > Kemasyarakatan > 120 Kader Pondok Pesantren NU Ikuti PKPNU

120 Kader Pondok Pesantren NU Ikuti PKPNU

Reporter : Mujiono
BANYUANYAR – Untuk menciptakan kualitas pendidikan kader-kader yang baik dan tepat, Pengurus Cabang Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) dan Ishari PCNU Kota Kraksaan menggelar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) angkatan XI, Jum’at hingga Minggu (24-26/1/2020) di Pondok Pesantren Bahrul Huda Desa Kleneng Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo.

Sebanyak 120 kader di pondok pesantren (ponpes) NU se-wilayah PCNU Kota Kraksaan. Penyematan tanda peserta PKPNU dilakukan secara simbolis kepada 6 (enam) orang perwakilan peserta. Hari pertama para peserta mendapat pendidikan dari instruktur wilayah PKPNU Gus Nasrullah.

PKPNU dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan sekaligus Koordinator Bidang (Korbid) Pengkaderan PCNU Kota Kraksaan KH. Idrus Ali. Dilanjutkan dengan pembacaan doa dimulainya PKPNU oleh KH Ghozali Bahar selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nahdhlotut Tholibin Desa Blado Wetan Kecamatan Banyuanyar.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melahirkan kader tangguh NU yang menyebarkan budi pekerti luhur yang diajarkan Islam. Hal ini merupakan langkah konkret untuk melahirkan kader-kader NU yang berkualitas dan mampu memahami tata kelola organisasi dengan baik.

PKPNU memiliki tujuan terarah yakni memberikan wawasan pengetahuan yang mendalam tentang pemahaman Ahlussunah wal Jama’ah (Aswaja) berupa keorganisasian, wawasan global, spiritual serta penguatan tentang maraknya bahaya radikalisme dan fundamentalisme.

Camat Banyuanyar Moh. Syarifuddin menyampaikan bahwa wilayah Kecamatan Banyuanyar sudah berkesempatan ketiga kalinya sebagai lokasi pelaksanaan PKPNU. “Hal ini merupakan bukti sebuah kesiapan untuk benar-benar membela NU. Nantinya tidak ada lagi kader-kader NU yang hanya sekedar ikut-ikutan saja. Akan tetapi mencetak kader yang peduli dan berjuang demi membela NU,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan KH. Idrus Ali mengungkapkan PKPNU yang dilaksanakan ini memiliki manfaat dan membawa misi yang besar yakni, penguatan ideologi Ahlussunnah wal Jamaah, penguatan militansi dan penguatan integrasi. (y0n)