Saturday, April 13, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Teruskan Tradisi, Atlit Balap Sepeda Sumbang Dua Medali

Teruskan Tradisi, Atlit Balap Sepeda Sumbang Dua Medali

Reporter : Syamsul Akbar
MOJOKERTO – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh atlit balap sepeda Kabupaten Probolinggo dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur VIII tahun 2023. Atlit Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kabupaten Probolinggo ini berhasil meneruskan tradisi meraih medali di ajang Porprov Jatim.

Dalam Porprov kali ini, 4 (empat) atlit balap sepeda berhasil meraih 2 (dua) medali bagi kontingen Kabupaten Probolinggo. Yakni medali perunggu di nomor Individual Time Trial (ITT) putri dan medali emas di nomor Team Time Trial (TTT).

Medali perunggu diraih oleh Diajeng Putri Ayu Sabila di nomor Individual Time Trial (ITT) putri dan medali emas yang berhasil disumbangkan oleh tim balap sepeda ISSI Kabupaten Probolinggo beranggotakan Muhammad Iqbal Maulana, Muhammad Shohibul Mirnat dan Eza Raditya Pratama di nomor Team Time Trial (TTT).

Dengan mengambil start di lapangan bola Pacing dan finish di Balai Desa Segunung yang berjarak 9,5 kilometer, Sabila yang merupakan salah satu atlit muda andalan Kabupaten Probolinggo mampu tampil sebagai tercepat ketiga dengan catatan waktu 16 menit 39,38 detik.

Sabila terpaut waktu 1 menit 27,26 detik dengan Nihayatuzzain Asshofi atlit balap sepeda asal Kabupaten Tulungagung diurutan pertama. Sedangkan untuk tim balap sepeda putra, berhasil unggul hingga 26 detik dari kejaran tim balap sepeda asal Kota Surabaya diurutan kedua.

Pelatih ISSI Kabupaten Probolinggo Herwin Sanjaya menyampaikan keberhasilan 4 atlitnya menyumbang 2 medali itu berkat latihan keras yang mereka jalani selama kurang lebih 1 tahun terakhir ini.

“Raihan medali ini khususnya medali emas sebenarnya diluar dugaan kami. Karena ketiga atlit putra itu merupakan para pendatang baru. Tetapi meski masih pendatang baru, mereka sangat antusias untuk bertanding diajang sekompetitif Porprov. Apalagi ini merupakan ajang Poprov pertama mereka. Semangat mereka sangat terlihat ketika bertanding tanpa kenal Lelah,” ujarnya.

Sementara Ketua Satgas Porprov KONI Kabupaten Probolinggo Budi Eko Prasetyo mengatakan hasil medali yang diluar dugaan itu merupakan hasil yang sangat penting bagi kontingen Kabupaten Probolinggo.

“Tambahan medali emas dan perunggu itu sangat penting untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara Kabupaten Probolinggo di Porprov Jawa Timur VIII tahun 2023,” pungkasnya. (wan)