Sunday, May 19, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Sukses, Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2022

Sukses, Kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2022

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2022 yang digelar oleh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Probolinggo di GOR Sasana Krida Kota Kraksaan resmi berakhir pada Sabtu (17/12/2022) malam.

Dalam kejuaraan yang digelar selama 3 (tiga) hari pada Kamis hingga Sabtu (15-17/12/2022) tersebut, perguruan PBD NJ sukses meraih juara umum 1. Disusul perguruan Perisai Diri sebagai juara umum 2 dan perguruan Tapak Suci sebagai juara umum 3.

Kejuaraan untuk melaksanakan program Pengkab IPSI Probolinggo tahun 2022 ini diikuti 323 atlit dari 20 perguruan silat di Kabupaten Probolinggo. Yakni, SH Terate, Tapak Suci, Perisai Diri, Pagar Nusa, Joko Tole, Ibnu Alwan, PBD NJ, Macan Putih, Wali Songo, PS. Saiful Islam, Banteng Jaya, Persinas Asad, Qolbul Qur’an, Suci Hati, OCC Pangastuti, Jihatsu, Bina Satria, ISI, Bina Satria dan PS Nurul Qadim.

Ratusan atlit melakukan pertandingan untuk 3 (tiga) kategori umur. Meliputi Usia Dini (Kelas B,C dan D serta Tunggal dan Beregu), Usia Pra Remaja (Kelas B,C,D dan E serta Tunggal dan Beregu) serta Usia Dewasa (Kelas A,B,C,D,E,F dan G Serta Tunggal dan Beregu).

Penutupan kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2022 ini dihadiri oleh perwakilan Polres Probolinggo, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan, perwakilan sponsor dari PT POMI-Paiton Energi dan Bank Jatim Cabang Kraksaan serta ketua perguruan silat anggota Pengkab IPSI Probolinggo.

Ketua Umum Pengkab IPSI Probolinggo Supardi mengatakan kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2022 ini bertujuan untuk memberikan wadah penyaluran bakat, minat dan prestasia atlit. Selain itu, untuk menjalin silaturahim perguruan silat se-Kabupaten Probolinggo, menjaring atlit-atlit berprestasi serta melestarikan budaya bangsa.

“Melalui kegiatan ini kami berharap tercipta keguyuban/kerukunan antar pesilat se-Kabupaten Probolinggo serta memperoleh bibit pesilat yang berpotensi untuk diproyeksikan ke Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) Jawa Timur,” harapnya.

Supardi menerangkan kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2022 ini merupakan program pembinaan yang dilakukan oleh Pengkab IPSI Probolinggo. Hal ini merupakan salah satu pembinaan prestasi diantaranya melalui penyelenggaraan kejuaran-kejuaraan.

“Selama pertandingan kami sudah tekankan untuk selalu menjaga sportifitas permainan serta disiplin dan tanggung jawab ketua perguruan. Melalui media pencak silat ini saya menghimbau kepada masyarakat kita tumbuhkembangkan budaya dan prestasi bangsa,” pungkasnya. (wan)