Monday, June 24, 2024
Depan > Pemerintahan > Studi Banding di Kabupaten Probolinggo, BPPKAD Blora Belajar Penerapan Aplikasi SIPD

Studi Banding di Kabupaten Probolinggo, BPPKAD Blora Belajar Penerapan Aplikasi SIPD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Keberhasilan penerapan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI oleh Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo menarik keingintahuan daerah lain untuk belajar.

Senin (20/11/2023), rombongan dari Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Blora bersama perwakilan dari Bank Jateng Cabang Blora datang berkunjung untuk melakukan studi banding terkait aplikasi SIPD di BPPKAD Kabupaten Probolinggo.

Rombongan sebanyak 17 orang yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perbendaharaan BPPKAD Kabupaten Blora Herdita Ratna Kusumastuti ini diterima oleh Kepala Bidang Perbendaharaan BPPKAD Kabupaten Probolinggo Siti Suprihati Wahyuningsih beserta Kasubid di Bidang Perbendaharaan di ruang pertemuan Jabung 3 Kantor Bupati Probolinggo.

Kepala Bidang Perbendaharaan BPPKAD Kabupaten Probolinggo Siti Suprihati Wahyuningsih menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan dari BPPKAD Kabupaten Blora dalam rangka studi banding terkait penerapan aplikasi SIPD penatausahaan yang dilakukan di Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Sementara Kepala Bidang Perbendaharaan BPPKAD Kabupaten Blora Herdina Ratna Kusumastuti mengungkapkan tujuan studi banding tersebut untuk belajar banyak terkait penerapan SIPD Penatausahaan dan Rencana Penggunaan SIPD-RI di BPPKAD Kabupaten Probolinggo.

Dalam forum tersebut dilakukan tanya jawab teknis mengenai proses pelaksanaan SIPD Penatausahaan dan SP2D Online dengan SIPD. Semua pertanyaan dan permasalahan SIPD yang akan diterapkan dapat dijelaskan secara detail oleh Admin SIPD Suasono Edy mulai dari proses pengajuan SPP/SPM sampai dengan proses pencairan dengan SP2D Online.

Diakhir kunjungan tersebut, BPPKAD Kabupaten Blora menyampaikan agar dapatnya mengundang Admin SIPD Kabupaten Probolinggo sebagai narasumber dan sekaligus melakukan pendampingan di Kabupaten Blora. (wan)