Thursday, February 29, 2024
Depan > Pemerintahan > Sekda Ugas Pimpin Tim Studi Lapangan Pelayanan Publik PKP Angkatan XII

Sekda Ugas Pimpin Tim Studi Lapangan Pelayanan Publik PKP Angkatan XII

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto memimpin tim studi lapangan pelayanan publik Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan XII di Kota Probolinggo, Selasa (4/7/2023).

Turut mendampingi Sekda Ugas, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin dan widyaiswara pembimbing dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur Biasworo Adisuryanto

PKP angkatan XII ini diikuti oleh 30 orang ASN eselon IV dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Terdiri dari 25 orang eselon Iva dan 5 orang eselon IVb.

Rombongan studi lapangan pelayanan publik PKP ini diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati di ruang Command Center Kantor Wali Kota Probolinggo.

Sekda Ninik didampingi oleh Plt Kepala BKPSDM Kota Probolinggo Wahju Ratnawati, Plt Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Probolinggo Ina Lusilinawati dan Camat Kademangan Gofur Effendy.

Dalam kesempatan tersebut peserta studi lapangan pelayanan publik PKP angkatan XII melakukan peninjauan lokus pada 3 Perangkat Daerah (PD) yang ada di Pemerintah Kota Probolinggo. Yakni, BKPSDM, BPPKAD dan Kecamatan Kademangan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan Aparatur Sipil Negara sebagai salah satu sumber daya manusia yang penting bagi terselenggaranya pembangunan di daerah. Pengembangan maupun peningkatan kualitas Aparatur Sipil Negara menjadi suatu keharusan di era yang selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman.

“Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu cara dalam meningkatkan kualitas Aparatur Sipil Negara terutama dalam hal menciptakan inovasi. Selain berfungsi menciptakan inovasi yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat, pelatihan kepemimpinan juga mempunyai fungsi yang lebih penting yaitu membangunan dasar-dasar kepemimpinan serta membentuk pimpinan yang berkarakter dan berwawasan kedepan,” katanya.

Lebih lanjut Sekda berharap misi pengembangan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara pada Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang berbasis pada pelayanan publik dapat terwujud dengan upaya melaksanakan berbagai jenis kediklatan seperti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) ini.

“Pemerintah Kota Probolinggo dipilih sebagai tempat benchmarking ke best practice mengingat Kota Probolinggo memiliki konsistensi dan komitmen tinggi terhadap inovasi pembangunan di semua bidang untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang berkualitas, adil, cepat dan efektif,” tegasnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati menyampaikan bahwa kegiatan ini sejalan dengan tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, bersih, adil, transparan dan akuntabel serta harus disikapi dengan responsif. “Penyelenggara pemerintahan harus memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang cerdas,” ungkapnya. (wan)