Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Sambut Ramadhan dan Harjakapro ke-277, DKUPP Gelar Bazar Ramadhan 1444 Hijriyah

Sambut Ramadhan dan Harjakapro ke-277, DKUPP Gelar Bazar Ramadhan 1444 Hijriyah

Reporter : Syamsul Akbar
TONGAS – Dalam rangka untuk mengisi bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah dan menyambut Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-277 tahun 2023, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo menggelar bazar Ramadhan 1444 Hijriyah.

Kegiatan ini dilaksanakan di 3 (tiga) titik. Yakni, Rest Area Tongas pada 27 hingga 30 Maret 2023, Galeri Puspa Umi PT POMI-PE pada 3 hingga 6 April dan TNB Jorongan Kecamatan Leces pada 10 hingga 13 April 2023.

Bazar Ramadhan 1444 Hijriyah ini diawali di Rest Area Tongas Kecamatan Tongas pada 27 hingga 30 Maret 2023. Dihari pertama, walaupun sempat diguyur hujan lebat, bazar Ramadhan ini tetap diserbu oleh masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Tongas Rochmad Widiarto didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Tongas Rina Damayanti Rochmad Widiarto serta Kepala Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Probolinggo Mehdinsareza Wiriarsa.

“Bazar Ramadhan 1444 Hijriyah ini kegiatannya meliputi bazar takjil, bazar UMKM dan bazar sembako. Puncaknya di TNB Jorongan Kecamaan Leces juga akan dimeriahkan dengan kegiatan pasar murah,” kata Kepala Bidang Perdagangan DKUPP Kabupaten Probolinggo Mehdinsareza Wiriarsa.

Menurut Reza, untuk bazar takjil sendiri nantinya akan diikuti oleh masyarakat yang ada di sekitar lokasi bazar dan bazar UMKM diikuti oleh para pelaku usaha atau UMKM sekitar lokasi bazar.

“Untuk bazar sembako ini kami berkoordinasi dengan Bulog Probolinggo dan distributor-distributor bahan pokok agar mereka menjual bahan pokok dengan harga distribusi. Semuanya dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Untuk pasar murah di TNB Jorongan akan dilaksanakan oleh DKUPP Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sementara Kepala DKUPP Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengatakan selain untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah dan Harjakapro ke-277, kegiatan ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya bazar Ramadhan ini untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga sesuai HET,” katanya.

Melalui bazar Ramadhan 1444 Hijriyah ini Anung mengharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi perekonomian masyarakat serta mampu menekan inflasi di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga bazar Ramadhan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk mendapatkan bahan pokok sesuai dengan harga distributor,” pungkasnya. (wan)