Tuesday, March 5, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Ribuan Guru Meriahkan Jalan Sehat dan Senam Bersama

Ribuan Guru Meriahkan Jalan Sehat dan Senam Bersama

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Ribuan guru di Kabupaten Probolinggo turut serta memeriahkan kegiatan jalan sehat dan senam bersama sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 di Alun-alun Kota Kraksaan pada Minggu (26/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si didampingi Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Rita Erik Ugas Irwanto, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Pgs Pemimpin Bank Jatim Cabang Kraksaan Imam Nugroho serta Kepala Sekolah dan Guru se-Kabupaten Probolinggo.

Sekitar pukul 07.00 WIB, kegiatan jalan sehat ini dilepas secara resmi oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto didampingi Pj Sekda Heri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi dan Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim di depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan.

Usai dilepas, ribuan guru dengan menggunakan seragam nuansa putih menyusuri ruas Jalan Panglima Sudirman Kota Kraksaan hingga melewati Jl Juanda, Jl Rengganis, Jalan Panglima Sudirman hingga finish kembali di Alun-alun Kota Kraksaan.

Selanjutnya Pj Bupati Ugas didampingi sejumlah pejabat melakukan kunjungan ke beberapa stand yang memamerkan hasil karya guru dan siswa dari 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. Kemudian dilanjutkan dengan senam bersama ribuan guru.

Untuk kegiatan jalan sehat dan senam bersama ini, PGRI disupport oleh Disdikdaya dan Bank Jatim Cabang Kraksaan menyediakan puluhan doorprize dengan hadiah utama berupa 1 unit sepeda motor.

Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan pentingnya peringatan Hari Guru Nasional sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan peran penting para pendidik dalam membentuk generasi penerus bangsa. “Saya menekankan pentingnya peran guru sebagai pilar utama dalam mencetak generasi yang memiliki semangat belajar dan patriotism,” katanya.

Lebih lanjut Pj Bupati Ugas sangat mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat, guru dan siswa dalam kegiatan ini sebagai bentuk dukungan nyata terhadap dunia pendidikan. “Mari kita ikuti jalan sehat bersama sebagai kegiatan yang mendukung gaya hidup sehat dan sebagai bentuk solidaritas masyarakat untuk mendukung Pendidikan,” jelasnya.

Pj Bupati Ugas menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Sebutan itu tidak akan hilang karena disaat para guru ini betul-betul menjalankan tugasnya dengan baik akan banyak para generasi muda yang ada di Kabupaten Probolinggo termasuk di Indonesia terlahir para pemimpin-pemimpin yang luar biasa untuk membangun Kabupaten Probolinggo termasuk Indonesia.

“Selain orang tua, tidak ada orang yang sangat berjasa untuk menjadikan seorang pemimpin di Kabupaten Probolinggo hanya guru. Saya mengajak semua guru ayo bersama-sama kita membangun Kabupaten Probolinggo dalam mendidik masyarakat sehingga IPM di Kabupaten Probolinggo bisa naik. Saya apresiasi atas perjuanganmu. Guru adalah yang terbaik untuk mencetak seorang pemimpin dan membangun Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Sementara Kepala Disdikdaya Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi mengungkapkan kegiatan jalan sehat ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa potensi Kabupaten Probolinggo bisa bersaing dengan kabupaten/kota lain.

“Kita tunjukkan bahwa tenaga pendidik di Kabupaten Probolinggo solid dalam rangka untuk menaikkan IPM yang dicanangkan oleh pemerintah pusat sehingga kita tidak selalu ketinggalan dengan kabupate/kota lain,” ujarnya.

Menurut Joko, ini adalah semangat baru bagi para guru se-Kabupaten Probolinggo untuk selalu semangat. Ternyata dengan kegiatan ini bisa menunjukkan bahwa guru itu mempunyai semangat.

“Ini adalah forum silaturahim para guru se-Kabupaten Probolinggo. Sebab jarang sekali kita bertemu para guru di tempat yang samna. Karena mereka tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sedangkan Ketua PGRI Kabupaten Probolinggo Asim mengaku sangat bersyukur karena kegiatan puncak peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 di Kabupaten Probolinggo dengan rangkaian jalan sehat diikuti 10.000 guru di Kabupaten Probolinggo.

“Semua guru kompak berseragam nuansa putih memadati Alun-alun Kota Kaksaan. Mereka mengikuti jalan sehat dan senam bersama bersama para OPD serta kunjungan ke stand-stand pameran yang telah menampilkan hasil karya guru dan siswa di Kabupaten Probolinggo. Alhamdulillah bisa berjalan dengan sukses dan lancar,” ungkapnya.

Asim mengharapkan semoga apa yang telah dilaksanakan di peringatan HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 ini bisa menambah semangat para guru untuk mengabdi kepada negeri dan memajukan pendidikan di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, PGRI Kabupaten Probolinggo menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka HUT ke-78 PGRI dan HGN tahun 2023 di Kabupaten Probolinggo. Mulai dari lomba bola voli putra dan putri serta lomba menyanyi solo putra dan putri. Sekaligus pemenang gelar karya terbaik di Kabupaten Probolinggo. (wan)