Thursday, October 28, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Rapid Test Masif, Sebagian Pemudik Reaktif

Rapid Test Masif, Sebagian Pemudik Reaktif

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Sebagai upaya untuk mendeteksi sejak dini penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo melaksanakan rapid test masif di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.

“Sasaran dari rapid test masif ini adalah para pemudik yang ada di tempat karantina. Dengan adanya rapid test masif ini diharapkan penyebaran COVID-19 bisa segera terdeteksi sehingga bisa segera bisa ditangani,” kata Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto, Jum’at (8/5/2020).

Menurut Anang, Dari hasil pelaksanaan rapid test masif yang sudah dilaksanakan di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, memang ada beberapa yang reaktif dan akan segera dilakukan pemeriksaan swab.

“Hari ini dan besok akan dilakukan swab massal. Insya Allah Sabtu besok akan kita kiirimkan dan semoga minggu depan sudah ada hasilnya. Yang pasti jumlahnya cukup banyak yang reaktif,” jelasnya.

Menyikapi masih kurang disiplinnya pemudik, Anang menegaskan bahwa satgas memang mensosialisasikan kepada semua kepala desa untuk nanti diteruskan kepada masyarakat, demikian pula hal yang sama juga dilakukan oleh pihak puskesmas yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Tapi kita berharap dari media ini untuk selalu diingatkan bahwa masyarakat harus melaporkan kepada masyarakat apabila ada anggota keluarganya yang pulang dari mudik kepada satgas desa maupun kecamaan. Itu lebih baik dari pada nanti sampai tidak terkontrol,” pungkasnya. (wan)