Monday, March 4, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Puluhan Warga Tongas Diberi Sosialisasi dan Pelatihan KIM

Puluhan Warga Tongas Diberi Sosialisasi dan Pelatihan KIM

Reporter : Mujiono
TONGAS – Sebanyak 30 warga dari 6 (enam) Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Tongas diberi sosialisasi dan pelatihan KIM dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Kamis (3/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Tongas ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tongas Suwarno didampingi Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian dan Kepala Bidang Infokom Publik Diskominfo Kabupaten Probolinggo Wahyu Hidayat.

Selama kegiatan ini mereka mendapatkan materi untuk meningkatkan kemampuan dalam mengakses informasi dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dari narasumber Direktur Multimedia tadatodays.com Imam Wahyudi.

Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan teknologi informasi saat ini sangat penting. Manfaatkan teknologi digital ini dengan baik dan digunakan pada hal-hal yang positif. Dalam arti menjadi sarana edukasi dan sebagai fungsi untuk menambah pendapatan ekonomi.

“Seperti media sosial yang sudah tersedia hingga saat ini. Gunakan media sosial yang dimiliki benar-benar manfaat dan mendukung terhadap peningkatan ekonomi,” katanya.

Dengan digelarnya kegiatan ini, Yulius mengharapkan nantinya dapat menginspirasi masyarakat khususnya bagi KIM melalui teknologi informasi yang ada. “Dengan fungsi KIM ini sebagai corong dalam menyampaikan informasi. Jadi informasi yang disampaikannya dan diterima oleh masyarakat bermuatan positif dan bermanfaat,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tongas Suwarno menambahkan dalam kenyataannya pengelolaan informasi itu sangat penting untuk hal-hal yang baik. “Jadi di tiap-tiap desa harus aktif kelompok informasinya dengan memberikan informasi penting dan aktual yang ada di desa. Manfaatkan pelatihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh dari awal hingga akhir,” ungkapnya. (y0n)