Thursday, June 17, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Pengurus Paravetindo Kab. Probolinggo Dilantik

Pengurus Paravetindo Kab. Probolinggo Dilantik

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pengurus Paravetindo (Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Probolinggo masa bakti 2019-2024 secara resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Paravetindo Provinsi Jawa Timur Effendy di aula KPRI Prastiwi Kabupaten Probolinggo, Kamis (26/12/2019).

Ketua DPC Paravetindo Kabupaten Probolinggo dipercayakan kepada Agus Purwanto didampingi oleh Wakil Ketua Ibnu Mahlad, Sekretaris Rahmat Kurniawan dan M. Nur Chabibi serta Bendahara Janur Rosulton dan Wendy Pritantyo. Dalam melaksanakan tugasnya, Paravetindo dilengkapi dengan Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Hubungan Masyarakat dan Kerjasama, Bidang Sertifikasi, Diklat dan SDM serta Bidang Advokasi dan Profesi.

Pengukuhan dan pelantikan pengurus DPC Paravetindo Kabupaten Probolinggo masa bakti 2019-2024 ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo Yahyadi, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kabupaten Probolinggo Edy Karyawan, perwakilan PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia) Jawa Timur, dokter hewan se-Kabupaten Probolinggo serta paramedik veteriner.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Yahyadi mengatakan petugas medik veteriner dan paramedik veteriner sebagai ujung tombak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo di lapangan harus kreatif dan inovatif dalam membangun peternakan. Peternakan dalam arti luas yaitu ruminansia, non ruminansia dan aneka ternak.

“Sebagai perwakilan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo di lapangan tugas paramedik veteriner bukan hanya nyuntik sapil IB saja tetapi juga membantu dalam berbagai hal untuk melayani peternak agar swasembada daging tercapai,” katanya.

Menurut Yahyadi, petugas medic dan paramedik veteriner harus memaksimalkan tugas pendataan, baik pendataan populasi ternak, harga komuditas peternakan, areal hijauan pakan ternak serta sebaran penyakit ternak. “Serap dan kawal aspirasi dari kelompok tani/ternak dan jaga selalu kekompakan dan kebersamaan sesama petugas di lapangan,” jelasnya.

Yahyadi menambahkan jumlah tenaga medik veteriner dan paramedik veteriner di lapangan terdiri dari medik veteriner sebanyak 7 orang dan paramedik veteriner IB sebanyak 51 orang. Yang sudah mempunyai serifikat sertifikasi sebanyak 50 orang. Sementara paramedik veteriner PKB sebanyak 24 orang dan yang sudah mempunyai sertifikat sertifikasi 1 orang. Paramedik veteriner ATR sebanyak 12 orang dan paramedik veteriner kesehatan hewan sebanyak 21 orang.

“Target dan realisasi UPSUS SIWAB tahun 2019, target IB sebanyak 62.000 akseptor dengan realisasi IB sebanyak 105.590 dosis dan realisasi akseptor sebanyak 85.984 ekor. Target kebuntingan sebanyak 57.300 dan realisasi PKB sebanyak 66.050 dengan hasil bunting sebanyak 53.107 ekor. Sedangkan target kelahiran sebanyak 52.000 ekor dengan realisasi kelahiran sebanyak 59.890 ekor,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPW Paravetindo Provinsi Jawa Timur Effendy mengharapkan agar pengurus ke depan bisa berkolaborasi untuk membangun kesejahteraan hewan di Kabupaten Probolinggo. “Selamat kepada pengurus DPC Paravetindo Kabupaten Probolinggo yang baru saja dikukuhkan dan dilantik. Mudah-mudahan mampu menjembatani keinginan dari Pemerintah Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Sedangkan Ketua DPC Paravetindo Kabupaten Probolinggo Agus Purwanto menyampaikan bahwa dalam kepengurusannya ke depan akan membangun sebuah visi kebersamaan, kesejahteraan dan akhlakul karimah. “Kami ingin membawakan nuansa yang berbeda dan memberikan sumbangsih bagi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo untuk mewujudkan swasembada daging di Kabupaten Probolinggo,” katanya. (wan)

cww trust seal