Sunday, September 26, 2021
Depan > Kesehatan > Penggunaan Masker Double Dapat Tingkatkan Keketatan dan Filtrasi Masker

Penggunaan Masker Double Dapat Tingkatkan Keketatan dan Filtrasi Masker

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica mengatakan penggunaan masker double ramai diperbincangan akibat masuknya farian baru virus Covid-19 B.117 di Indonesia.

“Untuk meningkatkan proteksi masker dapat dilakukan dengan menggunakan keketan masker dan meningkatkan filtrasi masker untuk mencegah virus masuk melalui masker,” katanya.

Menurut Dewi, masker double yang dianjurkan untuk digunakan yaitu masker medis (bagian dalam) + masker kain (bagian luar). “Hal tersebut dianjurkan karena masker dapat menutup celah antar wajah dan antara wajah dan area pinggir masker medis serta meningkatkan filtrasi droplek,” jelasnya.

Dewi menambahkan pada permulaan simulasi batuk didapatkan bahwa efektivitas masker bedah yaitu 56,1%, masker kain 51,4%, masker bedah yang dilapisi masker kain efektivitasnya 54,4%. Untuk meningkatkan proteksi masker dapat dilakukan masker dengan kawat hidung dan mask fitter and braces.

“Menggunakan masker double yaitu masker medis dibawah masker kain dapat meningkatkan keketatan dan filtrasi masker yang berakibat pada peningkatan proteksi masker,” pungkasnya. (wan)