Sunday, April 14, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Musda III KAHMI, Lima Kader Terbaik Jadi Presidium

Musda III KAHMI, Lima Kader Terbaik Jadi Presidium

Reporter : Syamsul Akbar
PAITON – Musyawarah Daerah (Musda) III Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kabupaten Probolinggo sukses digelar di wisata Pantai Bohay Desa Binor Kecamatan Paiton, Sabtu (18/12/2021) siang.

Musda III ini dihadiri oleh Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Presidium Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Jawa Timur Agus Mahfud Fauzi serta para alumni KAHMI yang berasal dari berbagai profesi mulai dari tokoh politik, pengusaha, akademisi dan lainnya.

Dalam Musda III ini menetapkan 5 (lima) kader terbaik sebagai Presidium MD KAHMI Kabupaten Probolinggo periode 2021-2026. Mereka adalah Andi Suryanto Wibowo, Muhammad Nasir, HM. Zubaidi, Arief Hermawan dan Imam Chumaidi.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan bahwa KAHMI Kabupaten Probolinggo terbentuk pada tahun 2011 diawali dengan Musda I (pembentukan KAHMI Kabupaten Probolinggo).

“Motivasi utama yang mendorong terbentuknya KAHMI Kabupaten Probolinggo adalah menghimpun keluarga besar Alumni HMI di Probolinggo dan bersama-sama mengayomi dan membesarkan HMI Cabang Probolinggo,” katanya.

Pada Musda III ini Plt Bupati Timbul berpesan kepada KAHMI ke depan agar dapat memelihara dan meningkatkan persaudaraan sesama anggota KAHMI dalam meningkatkan kualitas hidup, kesejahteraan dan kemakmuran bersama.

“Selain itu, mendinamisasikan hubungan timbal balik KAHMI dengan HMI agar setiap anggota HMI mencapai kualitas insan cita secara paripurna dan memperkuat basis social HMI di setiap kampus perguruan tinggi serta memperkuat ukhuwah Islamiyah bagi sesama kader umat Islam untuk berperan aktif membangun kehidupan yang Islami dalam masyarakat,” jelasnya.

Menurut Plt Bupati Timbul, KAHMI pada berbagai lini diharapkan dapat membangun policy dalam mendistribusikan kader-kader HMI sebagai bentuk fasilitasi perkaderan serta menjalin komunikasi guna mempererat silaturahmi dengan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Probolinggo.

“KAHMI harus berpartisipasi aktif dalam pembangunan Kabupaten Probolinggo dan membentuk kebijakan publik berdasarkan kekuatan moral dan ilmu pengetahuan dalam rangka memerangi kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketidakadilan untuk kemajuan bangsa sesuai dengan kalimat akhir tujuan HMI mewujudkan masyarakat yang adil makmur dan diridhoi Allah SWT,” tegasnya.

Sementara Presidium Majelis Wilayah KAHMI Provinsi Jawa Timur Agus Mahfud Fauzi mengungkapkan mengaku sangat senang karena MD KAHMI Kabupaten Probolinggo dapat melaksanakan Musda III.

“Suasana di HMI dan KAHMI ini selalu dinamis. Setiap person mempunyai cara pandang yang berbeda. Padahal semua niatannya baik. Oleh karena itu, pilihlah presidium yang mau bekerja dan tidak hanya menempelkan namanya. Sebab kadang-kadang ada yang serius, setelah dilantik menghilang,” ujarnya.

Agus Mahfud Fauzi menambahkan momentum Musda III ini sangat penting demi keberlanjutan KAHMI Kabupaten Probolinggo. KAHMI tidak terlibat politik, tetapi mengawal kebijakan-kebijakan politik. “Marilah kita sinergikan kekuatan-kekuatan KAHMI untuk menghadirkan yang baik bagi Kabupaten Probolinggo secara bersama-sama,” pungkasnya. (wan)