Tuesday, June 25, 2024
Depan > Informasi Layak Anak > Murid TK PKK Permatasari Desa Alassapi Kunjungi Taman Lalin Dishub

Murid TK PKK Permatasari Desa Alassapi Kunjungi Taman Lalin Dishub

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Sebanyak 28 orang murid TK PKK Permatasari Desa Alassapi Kecamatan Banyuanyar mengunjungi Taman Lalu Lintas di Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo dalam rangka Sepintas atau Sekolah Pintar Lalu Lintas, Selasa (28/5/2024).

Rombongan murid TK PKK Permatasari ini didampingi oleh Pj Kepala Dea Alassapi Sigit Wida Hartono, Pj Ketua TP PKK Desa Alassapi Kintan Fia Sefira, 5 orang guru dan 1 orang pendamping dari Perangkat Desa Alassapi.

Kehadiran dari rombongan TK PKK Permatasari ini disambut oleh Sekretaris Dishub Kabupaten Probolinggo Zulkarnain didampingi Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kabupaten Probolinggo Andik Joko Prasyito dan jajarannya.

Turut membantu menerima rombongan TK PKK Permatasari ini 13 orang Taruna/Taruni STTD yang memang dididik dan dibina terkait ilmu-ilmu perhubungan. Keberadaan Taruna/Taruni ini sangat membantu Dishub Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris Dishub Kabupaten Probolinggo Zulkarnain mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi sejak dini kepada anak-anak untuk tertib berlalu lintas. Kunjungan ini dilakukan oleh TK PKK Permatasari Desa Alassapi dalam rangka Sepintas atau Sekolah Pintar Lalu Lintas.

“Kami sangat senang sekali menerima kunjungan murid-murid TK PKK Permatasari Desa Alassapi di Taman Lalu Lintas. Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo sendiri memiliki 2 Taman Lalu Lintas yang berada di Kantor Dinas Perhubungan dan Kantor UPT. Balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Desa Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan,” katanya.

Dengan kunjungan ini Zulkarnain mengharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada anak-anak tentang tertib berlalu lintas. Misalkan bagaimana cara menyebrang jalan, apa saja perlengkapan keselamatan di jalan dan rambu-rambu apa saja yang ada di jalan beserta maknanya.

“Kegiatan semacam ini sudah beberapa kali dilaksanakan selama tahun 2024 ini. Dengan kegiatan ini Dinas Perhubungan bermaksud mendukung Kabupaten Probolinggo sebagai Kabupaten Layak Anak. Selain itu kita juga berperan aktif dalam mensosialisasikan tertib berlalu lintas kepada masyarakat termasuk anak-anak,” terangnya.

Sementara Pj Kepala Desa Alassapi Sigit Wida Hartono mengaku bersyukur karena murid dari TK PKK Permatasari bisa belajar sekaligus bermain di Taman Lalu Lintas milik Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Anak-anak terlihat sangat antusias dan senang bahkan sebelum berangkat kesini. Termasuk juga para wali murid tampak antusias bahkan beberapa ada yang sampai ikut ke Kantor Dishub Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Sigit, karena TK PKK Permatasari dalam naungan TP PKK Desa Alassapi sehingga untuk kegiatan kunjungan ke Taman Lalu Lintas ini pihak TP PKK Desa Alassapi berkirim surat kepada Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo.

“Alhamdulillah surat yang dikirim TP PKK Desa Alassapi diterima dan mendapat dukungan yang luar biasa dari Dinas Perhubungan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kepala Dishub, Bapak Sekretaris Dishub beserta jajaran,” jelasnya.

Sigit berharap semoga setelah pulang dari kegiatan Sepintas ini anak-anak menjadi paham tentang lalu lintas, bahkan bisa memberitahu kepada orang tua dan keluarganya. “Misalnya berkendara harus memakai helm, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan tidak melanggar lampu traffic sehingga jumlah kecelakaan bisa berkurang,” pungkasnya. (wan)