Wednesday, June 16, 2021
Depan > Kemasyarakatan > Maksimalkan Check Point, Karantina dan Rapid Test

Maksimalkan Check Point, Karantina dan Rapid Test

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Orang mudik itu adalah hal yang harus diterima. Sekarang masalahnya masyarakat ini mau bekerja sama atau tidak. Harusnya masyarakat bekerja sama dengan cara melaporkan ke satgas supaya bisa segera mengetahui kedatangannya dan di karantina di desa atau dilaporkan ke tenaga kesehatan untuk dilakukan rapid test.

“Kalau pemudik ini sampai reaktif kita akan pisahkan agar tidak terjadi kontak-kontak kepada masyarakat. Kalau tidak disampaikan, ternyata kemudian dia reaktif dan dia kontak maka akan semakin banyak nanti yang terpapar sehingga semakin tidak terkontrol,” ujar Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Menurut Anang, Pemerintah Daerah sudah berusaha maksimal dengan upaya melakukan check point, karantina dan rapid test. “Sekarang rapid test kita lebih masif. Itu salah satu upaya-upaya Pemerintah Daerah untuk mencoba mengantisipasi kedatangan pemudik itu yang semakin masif,” terangnya.

Terkait dengan hasil swab pasien positif COVID-19, Anang menyampaikan masih harus sabar menanti. Karena hasil swabnya masih belum keluar semuanya. Hari ini masih swab-swab massal untuk orang-orang yang reaktif. Itu dilakukan swab sampai besok masih ada sebagian kecil.

“Insya Allah minggu ini sudah selesai semua sudah kita swab dan kita tinggal tunggu hasilnya minggu depan. Yang sudah diswab sekitar 100-an. Ini hanya untuk yang baru-baru dan bukan yang evaluasi. Ini hanya yang reaktif-reaktif saja,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal