Tuesday, March 5, 2024
Depan > Pendidikan > Lulusan MAN 2 Probolinggo Diterima di Universitas Tiongkok Melalui Program Beasiswa

Lulusan MAN 2 Probolinggo Diterima di Universitas Tiongkok Melalui Program Beasiswa

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – MAN 2 Probolinggo menggelar wisuda purnasiswa bagi siswa-siswi yang lulus tahun ini di GOR MAN 2 Probolinggo di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan, Sabtu (14/5/2022).

Kegiatan yang hadiri oleh para wisudawan-wisudawati, wali dan civitas akademika ini disaksikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Akhmad Sruji Bahtiar, Kasi Pendma Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo, Pengawas serta para Komite.

Kepala MAN 2 Probolinggo Ahmad Zamroni mengatakan lulusan yang diwisuda tahun ini adalah hasil dari pembelajaran model hybrid learning, dengan menerapkan daring dan luring secara bergantian. Walau begitu lulusannya tidak kalah dari lulusan pada masa normal.

“Lulusan pada masa pandemi ini ternyata bisa menorehkan prestasi yang luar biasa. Sebagian dari mereka sudah diterima di perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia mulai dari Jember, Malang, Surabaya sampai Aceh melalui jalur PMDK, SNMPTN, SPAN PTKIN dan Sipenmaru dengan beasiswa maupun mandiri. Bahkan ada salah satu siswa diterima di luar negeri yaitu di Huaqiao University Tiongkok dengan beasiswa,” katanya.

Menurut Zamroni, prestasi-prestasi siswa selama masa pandemi juga membanggakan. Setidaknya ada 25 prestasi dalam kompetisi tingkat internasional, nasional dan lokal yang telah diraih. Di antaranya medali emas dalam riset yang diadakan oleh International Invention Competition For Young Moslem Scientist dan Medali Perak dalam riset yang diadakan oleh Global Competetion For Life Sciences (Glocolis) oleh IYSA, UB, UMM, ITS, Red Nacional Mexico.

“Serta ada juga 3 Merit Award dalam Philipine International Mathematical Olympiad serta 11 medali tingkat nasional dan 7 medali tingkat lokal,” tegasnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Akhmad Sruji Bahtiar menyampaikan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh lulusan MAN 2 Probolinggo tersebut menunjukkan keseriusan madrasah dalam meningkatkan kualitasnya.

“Ini adalah bagian dari usaha meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di kabupaten Probolinggo melalui peningkatan indeks pendidikan,” ujarnya

Bahtiar berpesan kepada para wisudawan, wali dan dewan guru untuk terus menyampaikan prestasi-prestasi anak-anak Kabupaten Probolinggo di masyarakat serta mengajak untuk senantiasa mendukung pendidikan dan program-program pemerintah di Kabupaten Probolinggo salah satunya adalah vaksinasi.

“Vaksinasi adalah usaha untuk menjaga diri dari wabah pandemi, maka melakukan vaksin hukumnya menjadi wajib. Saya mengajak kepada seluruh yang hadir di sini untuk melakukan vaksin dosis 1, 2 maupun booster,” tandasnya.

MAN 2 Probolinggo merupakan madrasah yang berada di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan. Di mana tahun ini siswa yang diluluskan terdiri dari 3 program peminatan. Yakni, peminatan agama, peminatan MIPA dan peminatan IPS. Mereka sebagian menyelesaikan masa belajarnya selama 3 tahun dan sebagian yang lain menyelesaikannya 2 tahun. (wan)