Depan > Kemasyarakatan > KONI Gelar Technical Meeting Pelaksanaan Porkab 2021

KONI Gelar Technical Meeting Pelaksanaan Porkab 2021

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo menggelar Technical Meeting (TM) jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo tahun 2021, Sabtu dan Minggu (16-17/10/2021).

Kegiatan yang digelar di Kantor KONI Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 14 cabang olahraga (cabor) dan 24 kontingen kecamatan se-Kabupaten Probolinggo untuk masing-masing cabor. Agenda utamanya adalah teknis penyelenggaraan Porkab 2021 dan drawing jadwal pelaksanaan pertandingan.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar menyampaikan bahwa persiapan Porkab 2021 semua berjalan dengan normal dan antusiasme dari kontingen sungguh luar biasa.

“Semua cabang olahraga dan semua perwakilan kontingen hadir semua. Artinya momentum Porkab Probolinggo tahun 2021 ini memang ditunggu-tunggu oleh insan olahraga Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Chalid menjelaskan TM ini bertujuan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Porkab 2021 ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Fokus utama dari TM ini adalah teknis penyelenggaraan Porkab 2021.

“Dengan persiapan yang sudah luar biasa ini saya berharap penyelenggaraan Porkab bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala. Mudah-mudahan tidak ada kluster baru Covid-19 atas terselenggaranya Porkab. Kita akan jaga protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia yang bekerja luar biasa sebagai persiapan Porkab 2021. Memang pengalaman Porkab di tengah pandemi baru kali ini, sehingga lebih rumit dibandingkan sebelum ada pandemi Covid-19.

“Jadi kita rapat bolak balik dan situasinya juga level PPKM naik turun sehingga banyak perubahan-perubahan jadwal dan sebagainya. Tetapi dengan semangat yang luar biasa untuk memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Probolinggo, kami panitia tidak menyerah untuk melaksanakan Porkab ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Menurut Sugeng, semua atlit, official dan semua yang terlibat dalam pelaksanaan Porkab ini syaratnya harus vaksin, menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, semua tahapan mulai dari proses pendaftaran dilakukan secara online untuk menghindari kerumunan.

“Mudah-mudahan dengan upaya yang sudah luar biasa ini, pelaksanaan Porkab 2021 dapat berjalan dengan baik dan menjadi role model buat daerah-daerah yang lain pelaksanaan Porkab di tengah pandemi Covid-19,” terangnya.

Sugeng menerangkan KONI sudah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dalam hal fasilitasi swab antigen bagi atlit H-1 jelang pertanding. Semua atlit melakukan swab antigen di puskesmas dan membawa surat hasil swab antigen pada saat pertandingan.

“Harapannya pelaksanaan Porkab 2021 ini sukses dan tidak menimbulkan kluster baru Covid-19. Kita ingin mempunyai skuad baru dari atlit yang sudah terseleksi ini menjadi tim Porprov yang akan dipersiapkan di Porprov Jawa Timur tahun 2022 yang akan dilaksanakan di 4 kabupaten yaitu Lumajang, Jember, Situbondo dan Bondowoso,” pungkasnya. (wan)