Wednesday, September 29, 2021
Depan > Kesehatan > Kerjasama dengan BPJS Kesehatan, Labkesda Gelar Prolanis di Puskesmas Sumberasih

Kerjasama dengan BPJS Kesehatan, Labkesda Gelar Prolanis di Puskesmas Sumberasih

Reporter : Mujiono
SUMBERASIH – Untuk meningkatkan kesehatan secara optimal, UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Sabtu (13/3/2021) di Puskesmas Sumberasih.

Kegiatan ini merupakan salah satu program UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam rangka menekan angka komplikasi penyakit Diabetes Mellitus dan Hypertensi, sehingga nantinya dapat mengurangi resiko penyakit kronis Diabetes Mellitus dan Hypertensi. Peserta Prolanis tidak dibatasi usia dan yang terpenting memiliki penyakit Diabetes Mellitus dan Hypertensi.

Prolanis BPJS Kesehatan ini sengaja dilaksanakan untuk pemeriksaan HBA1C di Puskesmas Sumberasih sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan masyarakat dan mendorong orang-orang penyandang penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dalam hidupnya.

Untuk pemeriksaan HBA1C oleh UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis dan mengontrol kondisi diabetes yang sasarannya adalah di 33 Puskesmas dan satu fasilitas kesehatan serta dokkes Polri Probolinggo.

Kepala UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo Khoirul Roziqin menyatakan Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi. “Pada saat di lapangan, kegiatan ini antusias diikuti oleh peserta hingga mencapai 50% terutama pasien dari klub masing-masing puskesmas,” ujarnya.

Menurut Roziqin, pemeriksaan Prolanis di puskesmas dilakukan satu kali dalam satu bulan tanpa pemeriksaan laborat. Untuk pemeriksaan laborat dilakukan enam bulan sekali. Intinya UPT Labkesda Kabupaten Probolinggo datang ke tiap-tiap puskesmas untuk memeriksa Laboratorium anggota Prolanis satu tahun dua kali per puskesmas.

“Prolanis melalui kerjasama yang baik antara peserta, BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kualitas hidup para pengidap penyakti kronis seperti diabetes tipe 2 dan hipertensi atau tekanan darah tinggi,” pungkasnya. (y0n)