Sunday, May 19, 2024
Depan > Kemasyarakatan > DPMPTSP Lakukan Roadshow Pekan Pelayanan Perizinan Gratis

DPMPTSP Lakukan Roadshow Pekan Pelayanan Perizinan Gratis

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan DPMPTSP Provinsi Jawa Timur akan melakukan roadshow pekan pelayanan perizinan gratis di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Senin hingga Rabu (7-9/3/2022) mendatang.

Pelayanan perizinan yang diberikan meliputi SIUP, SIKPI, SIPI, Izin Genset, TDKP, NIB, SIPA (Permukaan) dan SIPA (Bawah Tanah). Semua pelayanan perizinan ini diberikan secara gratis. Pemohon hanya diwajibkan membawa KTP/NIK, NPWP, HP android dan memiliki email aktif.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani mengatakan pekan pelayanan perizinan ini merupakan tindaklanjut dari disahkannya Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja (UUCK), Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko serta Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Terintegrasi Secara Elektronik.

“Pekan pelayanan perizinan ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan berusaha di daerah serta meningkatkan investasi di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Kristiana, kegiatan ini merupakan sebagai upaya memberikan kemudahan pelayanan perijinan kepada pelaku usaha, terutama UMKM melalui penerbitan NIB dengan OSS-RBA atau Online Single Submission Risk-Based Approach (Perizinan Daring Terpadu dengan Pendekatan Perizinan Berbasis Risiko).

“Ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini DPMPTSP Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Kabupaten Probolinggo dan Bank Jatim Cabang Kraksaan untuk memberikan kemudahan akses permodalan,” jelasnya.

Kristiana menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan investasi di Kabupaten Probolinggo. “Ayo urus perizinan di MPP Kabupaten Probolinggo pada 7 hingga 9 Maret 2022 mendatang dengan membawa KTP, NPWP, HP android dan email aktif,” pungkasnya. (wan)