Wednesday, September 29, 2021
Depan > Pendidikan > DPKH Terima Lima Calon Dokter Hewan UWK Surabaya

DPKH Terima Lima Calon Dokter Hewan UWK Surabaya

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Probolinggo menerima 5 (lima) orang calon dokter hewan Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya, Senin (15/4/2019). Mereka akan melakukan PKL di bidang Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) selama 2 (dua) minggu dari tanggal 15 hingga 26 April 2019.

Keterangan lima orang calon dokter hewan UWK Surabaya ini diterima oleh Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni didampingi oleh Sekretaris DPKH Suprahono dan Kasi Kesmavet DPKH drh. Nikolas Nuryulianto.

“Pesan saya kepada para calon dokter hewan ini untuk belajar di lapangan dengan semangat, tidak malu bertanya dan memberikan masukan apabila ada yang dirasa kurang terkait dengan kesmavet di lapangan,” kata Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni.

Selama melaksanakan PKL, para calon dokter hewan UWK ini akan mempelajari tentang RPH (Rumah Potong Hewan) dan bahan pangan asal hewan, khususnya di pasar tradisional maupun produk bahan pangan asal hewan yang beredar di pasar (daging sapi, ayam, kambing, nugget, sosis dan abon), uji susu di KUD Argopuro Krucil maupun produk olahannya.

“Selain itu juga mempelajari pelaku usaha yang ber NKV (Nomor Kontrol Veteriner). Setiap hari Selasa dan Kamis pagi, para calon dokter hewan ini akan membantu melakukan pengawasan, pemeriksaan dan pemotongan di RPH,” jelasnya.

Para calon dokter hewan juga akan melakukan pengawasan terhadap kios daging sapi di pasar tradisional yang belum berstiker. Universitas Wijaya Kusuma sudah 2 (dua) kali mengirimkan para calon dokter hewan ke DPKH Kabupaten Probolinggo untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) di bidang kesmavet.

“Kami berharap kerja sama antara Universitas Wijaya Kusuma Surabaya dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo sebaiknya terus dilanjutkan di masa depan,” harapnya. (wan)