Depan > Berita Terkini > DLH Berikan Pembinaan Saka Kalpataru

DLH Berikan Pembinaan Saka Kalpataru

Reporter : Syamsul Akbar
KREJENGAN – Dalam rangka peningkatan kapasitas anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru Kabupaten Probolinggo, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo memberikan pembinaan Saka Kalpataru di Ridho Resort Kecamatan Krejengan, Rabu (22/12/2021).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi ini diikuti oleh 40 orang anggota Saka Kalpataru yang berasal dari SMA/SMK yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pengelolaan sampah kepada para anggota Saka Kalpataru Kabupaten Probolinggo,” kata Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Selama pembinaan para anggota Saka Kalpataru mendapatkan beberapa materi. Yakni, strategi pengelolaan sampah di Kabupaten Probolinggo oleh Kepala DLH Kabupaten Probolinggo Dwijoko Nurjayadi.

Selanjutnya, pengenalan Saka Kalpataru oleh pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Mohtar Effendi serta budidaya maggot dan pembuatan kompos di TPA oleh Kepala Seksi Pengurangan dan Pemanfaatan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo Subiono.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan kunjungan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Desa Seboro Kecamatan Krejengan. Tujuannya untuk melihat secara langsung proses penanganan sampah di TPA, khususnya proses pembuatan kompos dan budidaya maggot.

“Maggot atau belatung adalah larva dari lalat Black Soldier Fly (BSF). Yakni sejenis lalat berwarna hitam yang sangat aktif memakan sampah organik,” jelasnya .

Melalui kegiatan tersebut Joko mengharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan dan meningkatkan peran serta Saka Kalpataru dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup. “Dimanapun berada, anggota Saka Kalpataru Kabupaten Probolinggo dapat menjadi agen perubahan dan pionir dalam kegiatan pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (wan)