Depan > Informasi Layak Anak > Dispersip Peringati Hari Kunjung Perpustakaan

Dispersip Peringati Hari Kunjung Perpustakaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo memperingati Hari Kunjung Perpustakaan tahun 2022 dengan menggelar pelatihan pembuatan website bagi siswa dan siswi SMP dan SMA, Rabu (14/9/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang peserta dari siswa dan siswi di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi teknik-teknik pembuatan website dasar dari narasumber onlenkan.com.

Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan literasi untuk pelajar dan mengenalkan perpustakaan serta meramaikan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan.

“Apalagi seiring adanya perubahan penerimaan mahasiswa baru. Jadi SNMPTN lebih ke kognitif logika Matematika, literasi Bahasa Inggris dan literasi Bahasa Indonesia. Akhirnya kita tahu kemana muaranya Mas Menteri mulai dari pendidikan dasar sudah terasah literasinya,” katanya.

Menurut Nuring, dengan adanya literasi maka seseorang akan menganalisa di setiap informasi dan mendapatkan sebuah permasalahan. Literasi ini akan mempermudah hidup kita untuk mencari solusi. Jadi literasi ini akan membuat orang lebih kreatif dan inovatif.

“Jadi anak kecil dibacakan dongeng perlu dihidupkan lagi karena itu pembelajaran awal yang sangat penting di masa emas perkembangan otaknya. Disini kita mulai berbenah, tetap dekatkan anak dengan buku meskipun sekarang sudah zaman digital. Buku itu tetap ruh dan sangat penting untuk meningkatkan literasi,” terangnya.

Pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan ini juga ada kunjungan dari siswa dan siswi SDN Patokan 1 Kecamatan Kraksaan sebanyak 50 anak. Begitu tiba, merekapun diminta untuk membaca buku untuk meningkatkan literasinya.

“Saya minta mereka untuk membaca buku menggunakan mikrofon dengan suara nyaring. Selesai membaca mereka kita minta untuk menceritakan kembali dengan bahasa sendiri sesuai dengan yang mereka pahami. Selain untuk menguji literasi juga keberanian mengeluarkan pendapat. Bagi yang bisa langsung kita kasih hadiah,” jelasnya.

Selain itu, Dispersip juga menyiapkan puluhan hadiah dan doorprize bagi pengunjung yang hadir pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan. “Alhamdulillah, hari ini sekitar 200 pengunjung mulai dari dewasa maupun anak-anak, baik orang normal maupun penyandang disabilitas,” tegasnya.

Dengan adanya beragam kegiatan ini Nuring mengharapkan mereka bisa semakin menyukai perpustakaan dan akhirnya rajin untuk berkunjung ke perpustakaan. Hingga akhirnya mereka bisa sering berkunjung ke perpustakaan.

“Ini merupakan suatu momentum bagi kita dalam melayani masyarakat agar bisa meningkatkan pelayanan perpustakaan. Harus ada inovasi bagaimana caranya menarik jumlah pengunjung agar mau datang ke perpustakaan. Kata akhirnya meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan jumlah pengunjung,” pungkasnya. (wan)