Sunday, November 29, 2020
Depan > Pendidikan > Dispendik Gelar Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Internal

Dispendik Gelar Bimtek Sistem Penjaminan Mutu Internal

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada kegiatan pengembangan kurikulum dan penilaian SMP, Senin hingga Kamis (21-24/9/2020) dan Senin hingga Selasa (28-29/9/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh Kepala SMP dan Tim SPMI dari 74 lembaga SMP negeri di Kabupaten Probolinggo. Seluruh peserta dibagi dalam 6 (enam) gelombang supaya tidak berkerumun di tengah-tengah pandemi COVID-19.

Narasumber dalam kegiatan bimtek SPMI pada kegiatan pengembangan kurikulum dan penilaian SMP dalam penyusunan dan evaluasi kurikulum tingkat satuan pendidikan SMP di Kabupaten Probolinggo adalah Pengawas SMP selaku Fasilitator Daerah (Fasda).

Selama kegiatan mereka mendapatkan beberapa materi diantaranya siklus SPMI dan indikator mutu, validasi/pemetaan rapot mutu 2019, perencanaan pemenuhan mutu (RKAS), implementasi pemenuhan mutu (tahap operasional pengembangan KTSP-Kurikulum Adaptif) berdasarkan analisa lingkungan internal/eksternal serta monitoring dan evaluasi (audit internal).

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Sudarsono mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman siklus SPMI untuk mengembangkan kerangka dasar penyusunan KTSP kurikulum adaptif sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.

“Selain itu memberikan pemahaman hasil rapot mutu 2018/2019 tentang tahap operasional pengembangan KTSP kurikulum adaptif sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus,” katanya.

Dengan adanya kegiatan ini Sudarsono mengharapkan mampu membangun sinergi antara sekolah, pengawas sekolah dan komite sekolah dalam mengembangkan KTSP yaitu kurikulum adaptif sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus serta tampak budaya siklus SPMI evaluasi terhadap KTSP tahun pelajaran 2020/2021.

“Melalui kegiatan ini harapannya mampu menyusun analisis konteks yang berhubungan dengan potensi atau karakteristik daerah, sosial budaya masyarakat setempat dan peserta didik. Integrasi kurikulum adaptif sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus,” harapnya. (dra)

cww trust seal