Tuesday, June 25, 2024
Depan > Kemasyarakatan > Diskan Gelar Bimtek Budidaya Ikan Lele

Diskan Gelar Bimtek Budidaya Ikan Lele

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) budidaya ikan lele di UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/Air Payau Dringu, Kamis (30/12/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang peserta dari pembudidaya ikan air tawar dan air payau di Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi dari narasumber Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo dan JF Analis Akuakultur Muda pada Diskan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Wahid Noor Aziz mengatakan kegiatan ini bertujuan agar pembudidaya mampu menerapkan teknik budidaya ikan lele yang baik, meningkatkan produktivitas serta menjaga kualitas produksinya.

“Selain itu, pembudidaya mampu memahami konsep aquaculture, memahami tentang ikan lele dan ilmu dasar mengenai cara pembudidayaan ikan lele serta pembudidaya mampu mengaplikasikan teknik dan wawasan tentang cara pembudidaya ikan yang benar,” katanya.

Menurut Wahid, dalam beberapa tahun terakhir ini, pendapatan pembudidaya ikan tawar di beberapa daerah di wilayah Kabupaten Probolinggo terpantau meningkat cukup signifikan. Ikan menjadi komoditas terbesar yang dihasilkan akuakultur metode pemeliharaan makhluk hidup di perairan. Salah satu usaha potensial saat ini adalah budidaya ikan lele.

“Dengan kondisi ini, untuk tetap meningkatkan kualitas dan teknik budidaya yang baik. Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo mengadakan kegiatan bimtek budidaya ikan lele dengan harapan dapat membekali ilmu dan menambah wawasan tentang cara budidaya lele kepada pembudidaya ikan lele yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Dalam bimtek tersebut terang Wahid, pembudidaya mendapatkan materi tehnologi budidaya lele yang dimulai dari bagaimana persiapan kolam sebelum tebar, manajemen kualitas air dan persiapan penebaran, pemilihan benih, pakan, pengendalian/pencegahan penyakit dan panen/pasca panen.

“Dengan adanya bimtek ini diharapkan dapat menambah wawasan dari materi yang telah disampaikan dan mengaplikasikan langsung di lapangan, sehingga para pembudidaya ikan lele dapat mempersiapkan kolam budidaya maupun persiapan air dengan baik sehingga dapat meminimalisir kematian benih diawal pemeliharaan,” pungkasnya. (wan)