Depan > Kemasyarakatan > Diskan Berikan Bimtek Budidaya Ikan Lele

Diskan Berikan Bimtek Budidaya Ikan Lele

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo memberikan bimbingan teknis (bimtek) budidaya ikan lele bagi pembudidaya ikan lele pemula di aula UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/Payau di Desa Pabean Kecamatan Dringu, Senin (1/11/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi ini diikuti oleh 25 orang terdiri dari pembudidaya ikan air tawar khususnya ikan lele serta pembudidaya ikan wilayah Kecamatan Dringu, Maron, Banyuanyar dan Paiton.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi mengatakan usaha budidaya ikan lele masih memiliki peluang. Sebab pasar di Kabupaten Probolinggo masih bisa menampung ikan lele hasil budidaya. “Sekarang semakin maraknya rumah makan, restoran dan warung bahkan warung tenda untuk makanan pecel lele,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada pembudidaya tentang tata cara budidaya ikan lele yang baik dan benar. “Selain itu, memberikanan pengetahuan tentang cara budidaya ikan lele,” ujarnya.

Menurut Wahid, kegiatan ini dilatarbelakangi banyaknya pembudidaya baru yang mulai melakukan kegiatan budidaya ikan lele di wilayah Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo mengadakan bimbingan teknis tentang bagaimana cara melakukan kegiatan budidaya ikan lele secara baik dan benar kepada para pembudidaya ikan.

“Semua peserta dalam kegiatan ini merupakan pembudidaya baru yang baru memulai usahanya dan merupakan pembudidaya air tawar yang melakukan kegiatan budidaya ikan lele,” pungkasnya.

Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari Kepala Bidang Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Wahid Noor Azis terkait kegiatan cara budidaya ikan lele yang baik dan benar mulai dari pengolahan tanah, persiapan air, penebaran benih sampai dengan formulasi cara menghitung pakan yang diberikan pada kegiatan budidaya ikan lele.

Selanjutnya, Kasi Produksi Perikanan Budidaya Diskan Kabupaten Probolinggo Asmiyati Kurnianingsih terkait penanggulangan hama dan penyakit ikan yang dapat menyerang ikan yang dibudidayakan serta cara pencegahan dan pengobatannya sehingga dapat melakukan kegiatan budidaya sampai dengan panen serta bagaimana cara panen serta pasca panen yang baik.

Serta Kasubag Perencanaan dan Keuangan Diskan Kabupaten Probolinggo Sigit Pujotomo terkait tata cara SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) yaitu bagaimana cara kelompok pembudidaya untuk mengusulkan proposal budidaya melalui SIPD yang sudah terintegrasi dengan Bappeda. Sehingga proposal yang diajukan akan bisa terealisasi apabila sudah masuk dalam aplikasi SIPD. (wan)